Bekraf Sebut Pengembang Gim Lokal Bisa Tekan Defisit Neraca Pembayaran

Michael Reily
29 Maret 2019, 13:28
E sport
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Piala Presiden Esports akan menggelar National Closed Qualifieratau kualifikasi nasional tertutup hari kelima yang akan mempertemukan tim-tim profesional di Indonesia di kantor MetroTV, Jakarta Barat (15/3).

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan neraca pembayaran Indonesia (NPI) yang tergerus akibat masifnya pengunduhan gim produk asing dapat disiasati dengan pengembangan gim lokal. Kepala Bekraf Triawan Munaf menyatakan pengembangan gim lokal dapat menekan transaksi masyarakat Indonesia dari penggunaan di smartphone, konsol, dan komputer asal luar negeri.

Triawan menyatakan saat ini Bekraf berupaya terus mendukung peningkatan kapasitas dan kualitas pengembang gim lokal untuk semakin besar. Bekraf di antaranya memberikan dukungan gim Tanah Air untuk ikut perhelatan Game Connection di San Fransisco, Amerika Serikat (AS), 18-22 Maret lalu.

Advertisement

Pengembang lokal Agate Studio berhasil mengumpulkan dana dari perhelatan tersebut. "Sudah terbukti, Agate Studio saja sudah bisa mendapatkan US$ 1 juta dalam 3 minggu, itu bisa menyeimbangkan neraca pembayaran masyarakat misalnya untuk gim Mobile Legend," kata Triawan kepada Katadata.co.id di Jakarta. 

(Lihat Infografik: 10 Game Online Terlaris di Indonesia)

Selain Agate, peserta yang bakal hadir adalah Masshive Media, GameLevelOne, SEMISOFT, Everidea Interactive, CIAYO Games, Megasus Infotech, Wisageni Studio, Arsanesia, dan GameChanger Studio.

Triawan mengungkapkan, hasil transaksi keseluruhan dalam Game Connection masih menunggu laporan dari Asosiasi Games Indonesia (AGI). Namun, dia menegaskan keikutsertaan industri gim ke Game Connection menghasilkan dampak yang lebih besar.

Triawan menjelaskan, pengembang gim asal Indonesia memang masih kesulitan untuk masuk dalam produksi gim untuk konsol, seperti Nintendo atau Sony Playstation. Selain itu, ada juga platform distribusi gim seperti Steam dan Origin.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement