Apple Luncurkan Aneka Layanan Baru: Kartu Kredit, Gim, TV, dan Berita

Cindy Mutia Annur
26 Maret 2019, 20:43
iphone apple
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan teknologi Apple Inc mengumumkan layanan terbarunya di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat (AS) pada Senin (25/3). Setidaknya, ada empat layanan yang dikeluarkan, yakni televisi (TV), berita berlangganan, kartu kredit, dan paket gim (bundling game).

Layanan anyar ini diluncurkan ketika penjualan ponsel pintar alias smartphone tengah merosot. “Intinya, Apple berusaha untuk menjadi Netflix dari semua layanan yakni musik, berita dan majalah, video dan gim,” kata analis PP Foresight Paolo Pescatore dikutip dari Financial Times, kemarin (25/3).

(Baca: JP Morgan Sarankan Apple Beli Netflix)

Pertama, layanan streaming video yakni Apple TV. Pengguna bisa menikmati layanan ini secara berlangganan. Saluran yang tersedia di layanan ini seperti HBO, Showtime, Starz, CBS All Access, dan Smithsonian Channel.

Namun perusahaan asal AS ini belum mengumumkan biaya untuk langganan saluran tersebut. Apple juga baru akan meluncurkan fitur-fitur di platform Apple TV pada Mei mendatang. Nantinya, fitur Apple TV terintegrasi dengan iPhone, iPad, dan dekoder Apple TV.

Selain itu, televisi dengan merek Samsung, LG, Sony dan Vizio serta set-top box dari Roku dan Amazon dapat menggunakan aplikasi Apple TV. Apple disebut-sebut meggelontorkan US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun untuk menyediakan layanan ini.

(Baca: Pendapatan Google Play Store dan Apple App Store Capai Rp 1.000 T)

Kedua, layanan Apple News yang mencakup konten majalah seharga US$ 9,99 atau sekitar Rp 140 ribu per bulan di AS dan US$ 12,99 atau Rp 182 ribu per bulan di Kanada. Meski bentuknya majalah, tata letak (layout) akan disesuaikan untuk ponsel.

Apple pun telah menggandeng majalah seperti Wired, Popular Science, National Geographic, dan Essence. Selain itu, Apple News memiliki akses ke Los Angeles Times dan konten Wall Street Journal. Apple sendiri telah berlangganan dengan lebih dari 300 surat kabar untuk layanan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...