Prabowo Mengeluh Dituduh Sebagai Pendukung Khilafah

Yuliawati
Oleh Yuliawati
30 Maret 2019, 21:09
Debat Capres IV
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Prabowo Subianto berlaga dalam debat keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengeluhkan tuduhan seolah sebagai pendukung khilafah. Prabowo menegaskan bahwa dia tak memiliki niat sama sekali mengubah ideologi Pancasila sebagai dasar negara.

"Seolah saya mendukung khilafah, menolak tahlilan. (Padahal) Ibu saya seorang Nasrani, lingkungan saya, saya dari 18 tahun pertaruhkan nyawa saya untuk Pancasila," kata Prabowo dalam debat keempat segmen kedua di Hotel Shangrilla, Jakarta, Sabtu (30/3).

(Baca: Prabowo akan Hadapi Pihak yang Ingin Ubah Pancasila)

Menanggapi hal itu, calon presiden nomor urut 01 Jokowi mengatakan dirinya pun mendapat tuduhan yang juga tak mengenakan. "Masalah tuduh menuduh, saya juga banyak dituduh pak. Selama 4,5 tahun ini saya juga dituduh, Pak Jokowi itu PKI," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan hal yang paling penting membumikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. "Pemimpin bisa memberi contoh yang baik, tidak saling menghujat, menghina, meremehkan, menjelekkan," kata dia.

(Baca: Pradebat ke-4, Sentimen Positif di Twitter untuk Jokowi Lebih Tinggi)

Dalam perdebatan, baik Jokowi dan Prabowo menyepakati metode menumbuhkan nilai Pancasila tanpa indoktrinasi. Menurut Prabowo perlu memasukkan Pancasila dalam pendidikan bangsa mulai dari pendidikan TK hingga SMA.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...