Pradebat ke-4, Sentimen Positif di Twitter untuk Jokowi Lebih Tinggi

Hari Widowati
30 Maret 2019, 19:03
Suasana saat Gladi Kotor jelang debat keemoat Calon Presiden di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). Debat Capres akan dilangsungkan dalam enam segmen dengan waktu debat yang diperkirakan KPU berkisar 90 hingga 94 menit.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana saat Gladi Kotor jelang debat keemoat Calon Presiden di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). Debat Capres akan dilangsungkan dalam enam segmen dengan waktu debat yang diperkirakan KPU berkisar 90 hingga 94 menit.

Warganet menunjukkan dukungannya kepada kedua calon presiden yang akan berlaga di Debat Capres putaran keempat, Sabtu (30/3). Analisis Sentimen Twitter yang dilakukan Katadata menunjukkan sentimen positif untuk capres petahana Joko Widodo (Jokowi) lebih tinggi dibandingkan dengan Prabowo Subianto.

Cuitan warganet di Twitter yang berisi sentimen positif untuk Jokowi mencapai 71% pada pukul 14.54 WIB. Sentimen ini meningkat menjadi 74% pada pukul 15.34 WIB. Cuitan positif dari warganet untuk kubu 01 sempat turun menjadi 60% pada pukul 16.25 WIB kemudian kembali berada di level 71% pada pukul 18.04 WIB.

Advertisement

Di sisi lain, sentimen positif yang dicuitkan warganet untuk Prabowo mencapai 48% ketika analisis dilakukan pada pukul 15.14 WIB. Sentimen positif untuk Prabowo sempat menyentuh level terendah 39% pada pukul 16.14 WIB. Selanjutnya, sentimen positif untuk kubu 02 menguat mencapai 65% pada pukul 17.33 WIB lalu melandai menjadi 60% pada pukul 18.14 WIB. Debat keempat ini akan membahas soal ideologi, pemerintahan, pertahanan keamanan, dan hubungan internasional.  

Analisis sentimen Twitter yang dilakukan tim Katadata ini diperbarui setiap 10 menit. Cuitan yang dimonitor merupakan cuitan berbahasa Indonesia yang memakai kata kunci tertentu. Analisis ini tidak memperhitungkan cuitan yang dihasilkan oleh bot (mesin) sehingga hasilnya mungkin berbeda dengan trending topic di Twitter. 

Sentimen Analisis Twitter
Sentimen Analisis Twitter (Katadata)
Analisis sentimen twitter
Analisis sentimen twitter (Katadata)

(Baca: Sentimen Debat Capres di Twitter: Negatif untuk Jokowi dan Prabowo)

Sentimen negatif untuk Jokowi yang terpantau dari analisis sentimen ini berada di level 9% pada pukul 15.24 WIB. Hingga pukul 18.14 WIB, sentimen negatif untuk Jokowi naik menjadi 20% pada pukul 18.14 WIB.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement