PoliticaWave: Sentimen Positif Jokowi Tertinggi Saat Kenalkan 'Dilan'

Desy Setyowati
31 Maret 2019, 12:22
Capres nomor urut 01 Joko Widodo  (kanan) dan cawapres Ma'ruf Amin saat mengikuti Debat Capres Putaran Keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 mengusung tema "Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Capres nomor urut 01 Joko Widodo  (kanan) dan cawapres Ma'ruf Amin saat mengikuti Debat Capres Putaran Keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).Debat Capres ke-4 di Pilpres 2019 mengusung tema "Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional".

Debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 masih menjadi perbincangan hangat netizen. Berdasarkan analisis PoliticaWave sentimen positif tertinggi diraih Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo ketika memperkenalkan ‘dilan’. Dilan yang dimaksud adalah singkatan dari digital melayani.

Sentimen positif Jokowi mencapai 82,2 % ketika memperkenalkan ‘dilan’ berikut dengan visi misinya terkait ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional, “Di saat yang sama, Jokowi memeroleh sentimen negatif sebesar 17,8 % karena tidak menyebut nama Calon Wakil Presiden (Cawapres)-nya Ma’ruf Amin,” demikian dikutip dari siaran pers PoliticaWave, Minggu (31/3).

(Baca: Jokowi dan Prabowo Beda Pendapat soal Invansi Negara Asing)

Jokowi juga meraih sentimen positif yang tinggi, yakni 80,56 % pada segmen ketiga. Saat itu, Jokowi menyebutkan bahwa anggaran pertahanan sebesar Rp 107 triliun. Alokasi tersebut merupakan yang terbesar kedua setelah anggaran untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Namun, pada segmen tersebut ada juga pengguna internet atau netizen yang menanggapi negatif. Utamanya, netizen menilai data anggaran pertahanan kurang valid. Selain itu, sebagian netizen menilai politik luar negeri yang disampaikan tidak sesuai realitas. Sebab, Jokowi beberapa kali tidak hadir di forum internasional.

(Baca: Debat Capres Usai, Sentimen Negatif di Twitter Lebih Tinggi ke Prabowo)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...