T Vintage & Recycled Iron, Pengolahan Limbah Drum Jadi Furniture

Michael Reily
3 April 2019, 05:00
Produk furniture berbahan drum bekas buatan T Vintage & Recycled Iron.
T Vintage & Recycled Iron
Produk furniture berbahan drum bekas buatan T Vintage & Recycled Iron.

Di tengah maraknya tren furniture berbahan kayu minimalis, James Silalahi memilih untuk membuat perabot dengan memanfaatkan drum bekas. T Vintage & Recycled Iron pun menghasilkan meja, kursi, dan lemari bernilai tambah tinggi.

Tahun 2013, James mulai membuat bengkel di Jalan Imogiri Timur, Yogyakarta untuk membuat produk-produk dari drum bekas. Ia kemudian memamerkannya di sebuah showroom di kota yang sama.

Pernah bekerja sebagai asisten trader produk furniture, ia mengerti bahwa Amerika Serikat (AS) dan Eropa terus mengkampanyekan produk ramah lingkungan. "Motivasi saya adalah memanfaatkan limbah untuk pasar furniture dunia," katanya kepada Katadata.co.id melalui sambungan telepon, Selasa (2/4).

James menyebut, penjualan T Vintage & Recycled Iron konsisten sebanyak 2 kontainer setiap bulan sejak 2015. Dari jumlah itu, sebagian besar produknya diekspor.

(Baca: Wood & Soul, Peralatan Dapur Kayu Pengganti Plastik)

Menurut James, pemahaman masyarakat Indonesia tentang produk furnitur ramah lingkungan baru terasa, sehingga penyerapan pasar dalam negeri bisa meningkat sampai 10% dalam waktu dua tahun belakangan. "Pembeli lokal justru bilang mereka lihat produk saya waktu ke Eropa," ujarnya.

James menyebutkan, pembeli lokal biasanya adalah pemilik kafe, restoran, atau hotel di Bali, Medan, Jakarta, Bandung, dan Bogor. Sementara, untuk ekspor kebanyakan untuk kiriman ke Prancis, Belgia, Inggris, AS, Jepang, dan Korea Selatan.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...