Pameran Furnitur Internasional Targetkan Transaksi Rp 4,2 Triliun

Michael Reily
11 Maret 2019, 12:23
furnitur rotan
ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Ilustrasi furnitur dari rotan. Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menargetkan transaksi Indonesia International Furniture Expo di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, pada 11-14 Maret 2019, mencapai US$ 300 juta atau sekitar RP 4,2 triliun.

Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bersama Dyandra Promosindo menggelar Indonesia International Furniture Expo di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, pada 11-14 Maret 2019. Dalam ajang pameran furnitur dan kerajinan terbesar di Asia Tenggara itu, para pelaku usaha dan pemerintah menargetkan transaksinya mencapai US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,2 triliun.

Ketua Umum Himki Soenoto mengatakan, keunikan budaya dan kapabilitas furnitur Indonesia merupakan bagian dari sejarah dunia. "Produk Indonesia mencampurkan inovasi desain dan keahlian yang terinspirasi dari kekayaan Nusantara," kata Soenoto di Jakarta, Senin (11/3).

Dia menargetkan transaksi gelaran keenam pameran furnitur ini lebih tinggi dari capaian tahun 2018 yang mencapai US$ 250 juta. Dampak pameran juga bakal membantu meningkatkan ekspor industri furnitur.

Menurut dia, jumlah pelaku usaha yang ikut pada pameran lebih banyak dari tahun lalu yang hanya sebanyak 500 peserta. Jumlah pengunjung tahun 2019 bisa mencapai 12 ribu orang, lebih besar dari tahun lalu yang hanya 11.429 orang.

Potensi pengunjung yang datang diperkirakan berasal dari 127 negara. Ia menyebutkan ada juga forum investasi yang bakal membuka ruang untuk pengembangan industri padat karya. "Tahun lalu, nilai dampak pameran bisa mencapai US$ 800 juta, sekitar Rp 11 triliun, sekarang bisa lebih lagi," ujarnya.

(Baca: Perang Dagang Berpeluang Tingkatkan Ekspor Furnitur hingga 15%)

Sejak pameran pertama tahun 2014, Indonesia Furniture Expo telah menarik pengunjung dari 148 negara. Pengunjung terbanyak berasal dari 10 negara penting dalam industri furnitur dan kerajinan, yaitu Amerika Serikat (AS), India, Tiongkok, Australia, Singapura, Malaysia, Inggris Raya, Prancis, Jerman, dan Jepang.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...