Amazon Web Services Segera Buka Data Center di Indonesia

Cindy Mutia Annur
4 April 2019, 20:02
Seorang pria berjalan melewati iklan Loker Amazon di depan toko makanan di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Senin (19/3).
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson
Seorang pria berjalan melewati iklan Loker Amazon di depan toko makanan di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Senin (19/3).

Amazon Web Services (AWS) akan membuka data center di Indonesia pada akhir 2021 atau awal 2022. Nantinya, di Jakarta akan ada tiga wilayah (region)  yang menjadi lokasi penyimpanan data atau zona ketersediaan (availability zone) Amazon.

Managing Director Asia Pacific AWS Ed Lenta mengatakan, pemanfaatan cloud computing di Indonesia akan meningkat signifikan dalam beberapa tahun ke depan. Apalagi, banyak perusahaan rintisan (startup) baru yang membutuhkan layanan cloud.

Advertisement

“Karena inovasi dari Indonesia, terutama yang menyediakan layanan digital di perbankan, kesehatan, dan di semua industri lainnya tentu akan terus meningkat,” ujar Ed saat ditemui di Shangri-La Hotel Jakarta, Kamis (4/4).

Ia melanjutkan, saat ini perusahaannya telah memiliki 20 region dengan 61 availability zone di seluruh dunia dan nantinya Jakarta akan menjadi region kesembilan di Asia Pasifik.

(Baca: Schneider Electric Ramaikan Bisnis Cloud di Indonesia)

Hanya, Ed tidak bisa menyebutkan secara rinci berapa jumlah perusahaan yang telah menggunakan layanannya di Indonesia. Selain itu, lokasi availability zone Amazon di Jakarta pun dirahasiakan.

Adapun, setiap availability zone memiliki pasokan daya, pendinginan, dan keamanan fisik yang independen serta terhubung melalui jaringan alternatif dengan latensi ultra rendah.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement