Lampu Tenaga Surya Tekan Anggaran Listrik Pemda Papua

Image title
5 April 2019, 18:30
Lampu penerangan jalan umum tenaga surya
Kementerian ESDM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memasang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di 250 titik di Kabupaten Asmat, Papua. Dengan begitu, pemerintah daerah dapat menekan pengeluaran hingga 4,85 juta per bulan.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi menjelaskan, keberadaan PJUTS di Asmat bisa menghemat listrik sebesar 3.300 kilowatt hour (kWh) per bulan. Sedangkan, PJUTS tersebut memiliki daya listrik sebesar 40 watt.

Selain itu, 50 titik lampu tenaga surya yang dipasang di Kabupaten Boven Digoel Papua bisa menghemat pengeluaran sekitar Rp 970 ribu per bulan atau setara dengan 660 kWh per bulan. Rinciannya, 27 titik lampu tenaga surya dipasang di ruas jalan pasar dan terminal, 11 titik ruas jalan menuju pelabuhan, dan dua titik di depan asrama pelajar.

Lampu tenaga surya menjadi solusi untuk penerangan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)(Persero) atau pada daerah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

"Lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya bisa menjadi solusi," ujar Hendra pada keterangan pers, Jumat (5/4).

(Baca: Sepi Peminat, Pengembangan Energi Terbarukan di Banten Masih Minim)

Selain itu, lampu tenaga surya diharapkan bisa memberikan manfaat dan membantu masyarakat Papua, khususnya Kabupaten Boven Digoel dan Asmat, agar perekonomiannya bisa berjalan lebih cepat.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...