Startup Layanan Kesehatan Medigo Raih Pendanaan Awal

Cindy Mutia Annur
9 April 2019, 07:13
Telaah - Asuransi Kesehatan
Jakub Jirsak/123rf
Ilustrasi kesehatanStartup Medico raih pendanaan dari Venturra Discovery

Perusahaan rintisan (startup) layanan kesehatan digital (e-health) Indonesia, Medigo, raih pendanaan awal dari Venturra Discovery yang merupakan cabang investasi dari Venturra Capital. Pendanaan tersebut dilakukan pada kuartal IV-2018, tepat setelah peluncuran Venturra Discovery pada September 2018.

CEO Medigo Harya Bimo mengatakan, perusahaanya percaya bahwa sebenarnya masalah dalam industri perawatan kesehatan Indonesia bukanlah dari sisi pasien, melainkan dari sisi penyedia layanannya. Menurutnya, industri perawatan kesehatan yang masih sangat birokratis, dan kompleks.

Advertisement

“Kami hadir dengan tujuan untuk memecahkan masalah bagi penyedia layanan terlebih dahulu. Tanpa menyelesaikan masalah itu, sulit untuk memberikan layanan dan pengalaman yang berkualitas kepada pasien,” ujar Harya seperti dikutip dalam e27 beberapa waktu lalu.

Medigo mencatat bahwa lebih dari 2.800 rumah sakit di Indonesia belum terhubung secara online dengan dokter dan pasien mereka. Sementara itu, mayoritas lebih dari 18 ribu klinik di seluruh Indonesia belum distandarisasi dan masih dioperasikan secara manual.

(Baca juga: Startup Edukasi Keuangan Jouska Gaet 2 Ribu Klien dalam 4 Tahun)

Tantangan dalam industri kesehatan Indonesia terdapat di semua tingkat fasilitas layanan kesehatan, mulai dari pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), klinik, hingga rumah sakit. Selain itu, ada pula tantangan pada ketidakefisienan dalam mengakses catatan medis untuk pasien dan penyedia layanan kesehatan, proses rujukan yang rumit antara fasilitas layanan kesehatan, serta proses yang masih dilakukan secara manual dalam pengklaiman asuransi.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement