IDN Media Berencana Akuisisi Tiga Perusahaan Tahun Ini

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Desy Setyowati

8/4/2019, 21.01 WIB

“Kami dalam proses melakukan uji coba pada beberapa perusahaan," ujar Pendiri sekaligus CEO IDN Media Winston Utomo.

IDN Media
IDN Times
Kantor IDN Media.

Startup di bidang media, IDN Media berencana mengakuisisi perusahaan sejenis pada tahun ini. Bahkan, rencananya ada dua hingga tiga perusahaan yang bakal diakuisisi IDN Media.

Pendiri sekaligus CEO IDN Media Winston Utomo mengatakan, perusahaannya sudah menjajaki rencana ekspansi anorganik lewat akuisisi ini.  “Kami dalam proses melakukan uji coba pada beberapa perusahaan. Semoga dua sampai tiga perusahaan yang akan diakuisisi tahun ini,” ujarnya, dikutip dalam Deal Street Asia, Jumat (5/4) lalu.

(Baca: IDN Media Dapat Pendanaan Seri C dari EV Growth dan LINE)

Namun Winston enggan menyebutkan secara rinci perusahaan mana saja yang bakal diakuisisi. Akan tetapi, ia mengisyaratkan bahwa perusahaan tersebut bergerak di industri media, sama seperti IDN Media.

Oleh sebab itu, ia akan mengkaji kembali perihal format akuisisi ini, seperti segmentasi pasar dan lainnya. “Saat ini podcast menjadi tren. e-Sports juga. Jadi kedua media tersebut masih dalam keahlian kami,” ujar Winston.

(Baca: Grand Final Piala Presiden Esports, 16 Tim Adu Kuat Gim Mobile Legends)

Ia optimistis, akuisisi ini akan mempercepat pertumbuhan bisnis IDN Media. Perusahaan media ini fokus menggaet pasar milenial dan gen Z di Indonesia. Dalam kurun waktu tiga tahun, IDN Media sudah meraih empat putaran pendanaan.

Deal Street Asia mencatat, IDN Media sudah memperluas basis pengguna, meningkatkan pendapatan dan bahkan sudah meraup untung. Saat ini, IDN Media mengoperasikan empat situs media dan tiga agensi.

(Baca: Induk SCTV akan Akuisisi 3 Media Digital, Investor Diminta Tahan Saham)

Winston mengatakan, perusahaannya tidak menerapkan strategi ‘bakar uang’. Ia mengatakan, perusahaannya fokus membangun bisnis yang berkelanjutan. Sejalan dengan hal itu, ia memiliki prinsip bahwa pendapatan harus lebih tinggi daripada pengeluaran supaya menghasilkan keuntungan. “Ketika kami mendapat peluang untuk untung, mengapa kami tidak mengambilnya?" ujarnya.

Pada Januari lalu, IDN Media mengumumkan pendanaan Seri C yang dipimpin oleh EV Growth, perusahaan joint venture East Ventures, Sinar Mas, dan Yahoo! Japan. Pendanaan tersebut juga diikuti oleh True Digital and Media Platform milik Charoen Pokphand dan LINE Ventures.

Namun Winston tidak menyebutkan nilai pendanaan tersebut. Akan tetapi, biasanya pendanaan seri C bernilai sekitar US$ 25 juta hingga US$ 100 juta untuk startup yang tengah ekspansi. 

(Baca: Hasil Riset: Pertumbuhan Trafik Situs Katadata Tertinggi ke-2 di RI )

IDN Media berdiri pada 8 Juni 2014 di Surabaya, Jawa Timur oleh kakak beradik Winston Utomo dan William Utomo. IDN Media memiliki visi untuk mendemokratisasi akses terhadap informasi yang akurat, berimbang, berguna, dan positif.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan