Perkuat SDGs, Menkeu Gandeng PT SMI dan Bloomberg Philanthropies

Rizky Alika
9 April 2019, 12:09
sri mulyani
Arief Kamaludin|Katadata
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Michael Bloomberg, pendiri Bloomberg LG dan salah satu orang terkaya Amerika Serikat, kemarin (8/4). Dalam pertemuan di New York itu, Sri Mulyani hadir memberi dukungan kolaborasi PT Sarana Multi Infrastruktur dengan Bloomberg Philanthropies.

Kedua pihak menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk kerja sama mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). “Karena bekerja bersama-sama sangatlah penting,” kata Sri dalam siaran persnya hari ini. “Kalau bekerja sendiri, meskipun dengan tekad penuh, hasilnya tidak maksimal.”

(Baca: Provinsi Ditarget Punya Rencana Pembangunan Berkelanjutan Awal 2019)

Bloomberg Philantropies akan memberikan bantuan teknis dan saran kepada Sarana Multi Infrastruktur. Tidak hanya itu, Bloomberg Philantropies akan memfasilitasi diskusi bagi kepala daerah dalam pengambilan keputusan dan penerapan kebijakan untuk mengembangkan kota berkelanjutan.

Kemudian, Sarana Multi Infrastruktur juga menggandeng Bloomberg Philanthropies dan Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) dalam menyelenggarakan sharing session di New York. Sesi tersebut menjadi sarana untuk berbagi pengalaman dalam menerapkan program agar pencapaian SDGs di Indonesia dapat terealisasi dengan baik.

(Baca: Bolong-bolong pada Membaiknya Pembangunan Berkelanjutan)

SDGs merupakan kesepakatan pembangunan global untuk masa waktu 15 tahun (2016 sampai 2030) guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. Kesepakatan yang disahkan oleh para pemimpin negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2015 tersebut berisi 17 tujuan dan 169 target.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...