Layanan Komputasi Awan Google Hadir di Jakarta Tahun Depan

Desy Setyowati
10 April 2019, 14:57
Google digital
Arief Kamaludin (Katadata)

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) Google bakal memperluas layanan komputasi awannya di Asia. Salah satunya, Google Cloud Region bakal hadir di Jakarta, Indonesia pada 2020.

Beberapa perusahaan rintisan seperti Gojek, Tokopedia, Tiket.com, dan Traveloka sudah menggunakan layanan komputasi awan Google. Pemain lama seperti Blue Bird, Cineplex21, dan Samudera juga memakai layanan ini.

Advertisement

Kepala Google Cloud untuk Wilayah Asia Tenggara Tim Synan mengatakan, Indonesia adalah pusat kekuatan digital dan pasar komputasi awan yang tumbuh paling cepat di Asia Tenggara. "Kami melihat momentum bisnis dan pelanggan yang signifikan di Indonesia dalam enam hingga 12 bulan terakhir," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (10/4).

(Baca: Google Akan Buka Fasilitas Komputasi Awan di Indonesia)

Dia menyampaikan, kliennya bisa memanfaatkan berbagai alat di Google Cloud untuk mencapai skala yang lebih besar, meningkatkan pendapatan, dan efisiensi biaya. "Kami yakin cloud region di Jakarta akan membuka lebih banyak peluang bagi berbagai perusahaan dan startup," kata dia.

Dalam tiga tahun, Google Cloud telah membuka 15 wilayah baru dan 45 zona di 13 negara. Kemarin (9/4), Google mengumumkan sudah membangun infrastruktur komputasi awan di Seoul, Korea Selatan dan Salt Lake City, Utah, AS. Layanan ini hadir di kedua wilayah ini pada awal 2020.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement