Sandiaga Kritik HUT BUMN yang Ditengarai Mengarah Ke Pilpres 2019

Ameidyo Daud Nasution
10 April 2019, 16:08
Pilpres 2019, BUMN, Sandiaga Uno
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sandiaga Uno menyampaikan orasi dalam acara kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta (7/4). Sandiaga Uno mengatakan perjalanannya di lebih dari 1500 titik di Indonesia dalam masa kampanye merupakan perjalanan spiritual bagi dirinya dan Prabowo Subianto.

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno siang ini bertemu dengan sejumlah pekerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Para pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Sinergi BUMN itu mengeluhkan adanya mobilisasi karyawan pada ulang tahun BUMN.

Keluhan tersebut didasarkan atas kecurigaan bahwa acara ulang tahun BUMN, yang semula dijadwalkan pada tanggal 13 April, ditengarai mengarah pada dukungan calon presiden tertentu pada Pilpres 2019.

Ketua Steerint Comittee Rapat Kerja Nasional FSP Sinergi BUMN Ahmad Yunus mengatakan, saat ini pegawai-pegawai BUMN ditarik untuk mendukung calon presiden tertentu. Ia mencontohkan dalam rencana ulang tahun BUMN tanggal 13 April nanti, seluruh karyawan rencana diabsen agar hadir.

(Baca: BPN Prabowo-Sandiaga: Upaya Curang Akan Berhadapan dengan Rakyat)

"Padahal hari Sabtu dan Minggu adalah hak kami untuk libur," kata dia di sebuah restoran, Jakarta Selatan, Rabu (10/4).

Bahkan Yunus menyebut kaus yang diberikan untuk menghadiri acara ulang tahun BUMN, bergambar capres tertentu. Oleh sebab itu pihaknya meminta Menteri BUMN Rini Soemarno memperhatikan persoalan ini. Rini akhirnya memundurkan acara ulang tahun BUMN menjadi tanggal 20 April.

Pegawai Perum Jasa Tirta II ini juga menjelaskan, Federasi Serikat Pekerja Sinergi BUMN bersikap netral, tidak mendukung salah satu calon presiden pada Pilpres 2019. Namun BUMN sebagai entitas bisnis milik negara sudah seharusnya didukung untuk profesional, termasuk dalam Pilpres 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...