Anies Harap MRT Jakarta Mendorong Makin Banyak Pertemuan ASEAN

Ameidyo Daud Nasution
11 April 2019, 02:00
MRT Jakarta
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) berswafoto saat mencoba moda transportasi MRT dari Stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus-Bundaran HI di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pergantian nama Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Sisingamangaja menjadi Stasiun MRT ASEAN di Kebayoran, Jakarta, Rabu (10/4). Anies berharap keberadaan MRT dapat mendorong semakin banyak pertemuan tingkat ASEAN di Jakarta.

Dia menyebut paling tidak ada 500 dari total 1.600 pertemuan tingkat ASEAN yang dilakukan di Jakarta tiap tahun. Dengan adanya MRT, maka delegasi dapat menggelar rapat lebih sering lantaran kemudahan akses menuju Gedung ASEAN.

Advertisement

"Ini untuk mengingatkan komitmen masyarakat Jakarta jadi tuan rumah yang baik bagi masyarakat Asia Tenggara," kata Anies.

(Baca: Anies Surati Menteri PU Untuk Kelola Kolong Tol)

Baswedan berharap Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dapat menggelar pertemuan lebih banyak di Jakarta. Hal ini mengingat Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Lebak Bulus - Bundaran HI sudah dioperasikan.

Hadir dalam peresmian nama stasiun, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, hingga sejumlah Duta Besar negara Asia Tenggara.

Anies mengatakan stasiun MRT ASEAN ini akan membuat masyarakat menyadari keberadaan ASEAN dan Jakarta sebagai markas perkumpulan negara Asia Tenggara. Bahkan, berbeda dengan stasiun MRT lain yang mendapat 'sponsor' perusahaan, ASEAN tak perlu membayar untuk menamakan stasiun.

(Baca: Penyebab Sinyal Buruk Saat Berada di MRT Jakarta )

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement