Jokowi Target Raup Suara Minimal 55% di Depok Pada Pilpres 2019

Dimas Jarot Bayu
11 April 2019, 15:50
Pilpres 2019, Joko Widodo, Jokowi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo membagikan baju ke pendukungnya saat kampanye di Karawang, Jawa Barat, Selasa (9/4/2019). Pasangan Jokowi-Ma\'ruf menargetkan perolehan suara minimal 60 persen di Kabupaten Karawang.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menargetkan kemenangan minimal 55% di Depok, Jawa Barat pada Pilpres 2019. Ia optimis target minimal tersebut dapat tercapai setelah melihat antusiasme dari para pendukungnya di Depok.

Antusiasme tersebut terlihat dari berjubelnya warga untuk bisa menghadiri kampanye Jokowi pada Kamis (11/4), yang diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata. Bahkan, Jokowi mengaku sampai basah kuyup lantaran padatnya pendukung. "Saya tidak ingin muluk-muluk, tapi melihat semangat dan militansi siang hari ini, saya yakin Depok akan lebih dari 55%," kata Jokowi.

(Baca: Naik Kereta Kencana, Jokowi Target Menang Minimal 70% di Jawa Tengah)

Jokowi mengatakan, dirinya bersama Jusuf Kalla pada Pilpres 2014 hanya berhasil mendapat 43% di Depok. Namun, ia mengatakan bahwa saat ini, elektabilitas dirinya dan Ma'ruf Amin telah seimbang dengan pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berdasarkan survei internal, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga masing-masing sebesar 46%. Dengan adanya kenaikan tersebut, Jokowi yakin jika elektabilitasnya bisa sampai 55% dalam dua hari sisa kampanye.

Ia mengatakan, kemenangan di Depok dapat terjadi jika para pendukungnya mengajak keluarga, kerabat dan tetangga untuk mencoblos pasangan calon nomor urut 01. "Artinya untuk mencapai tadi yang saya sampaikan, itu bukan sesuatu yang sulit, asal kita semuanya siap bekerja," kata Jokowi.

Jokowi lantas menilai suara sebesar 55% merupakan angka paling minim yang ia targetkan di Depok. Dia menilai elektabilitasnya bisa lebih dari target tersebut. "Minimal kan 55%. Kalau dapat 60% alhamdulillah, dapat 65% alhamdulillah, dapat 70% alhamdulillah," kata Jokowi.

(Baca: PDIP Targetkan Jokowi-Ma’ruf Menang 65% Suara di Lampung)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...