KPU Masih Cek Kebenaran Surat Suara Pemilu Tercoblos di Malaysia

Image title
Oleh Antara
11 April 2019, 16:34
surat suara dicoblos di Malaysia
Pekerja lepas melipat surat suara di gudang Komisi Pemilihan Umum, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/3). Beredar video surat suara diduga dicoblos di Malaysia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menelusuri video yang berisi surat suara yang diduga tercoblos di Selangor, Malaysia. Video tersebut beredar luas di media sosial dan pesan aplikasi, WhatsApp.

"Kami sedang cek kebenarannya dan apa yang sedang terjadi," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Jakarta, Kamis (11/4) seperti dikutip dari Antara.

Ilham mengatakan tengah menantikan laporan dari Kelompok Kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) terkait video tersebut. Pemilu luar negeri di  Malaysia rencana akan diadakan pada Minggu (14/4). 

(Baca: Ancaman People Power Potensi Jadi Blunder bagi Prabowo-Sandiaga)

Ilham meminta masyarakat untuk tidak berspekulasi terlebih dahulu sebelum penyelenggara Pemilu mendapatkan keterangan lebih lanjut. "Kami belum tahu, jangan berspekulasi karena sedang menunggu laporan PPLN," kata Ilham.

Berdasarkan video yang beredar diduga terdapat surat suara Capres - Cawapres dan Calon Legislatif DPR RI Pemilu 2019 yang sebagian diduga sudah dicoblos. Surat suara yang dicoblos tersebut ditemukan di sebuah bangunan kosong di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia.

Berdasarkan video yang beredar surat suara tersebut ada dalam sebuah tumpukan tas berwarna hitam dan sebagian sudah tercecer.

(Baca: KPU: Hasil Pilpres 2019 Luar Negeri yang Beredar di Medsos Itu Hoaks)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...