Indopolling Prediksi Hanya Enam Parpol Lolos ke Parlemen

Ameidyo Daud Nasution
12 April 2019, 21:07
hasil survei elektabilitas parpol, pilpres 2019, pemilu 2019, Indopolling, Charta Politika, pdip, gerindra, golkar, pks, pkb, nasdem
Sejumlah warga mengikuti simulasi Pemilu 2019 yang digelar KPU di SDN 02 Nagrak, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat (3/2). Simulasi tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagi masyarakat yang masih kebingungan dengan mekanisme pencoblosan.

Hasil survei Indopolling Network menyebut hanya ada enam partai politik di Pemilu 2019 yang akan melenggang ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 2019-2024 mendatang. Keenamnya adalah PDI Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Survei dilakukan dengan metode multi random sampling pada 3-8 April 2019 dan melibatkan 1.080 responden. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) mencapai 2,98% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Direktur Indopolling, Wilhelmus Wempy mengatakan PDIP menikmati elektabilitas paling tinggi sebesar 25% dari total responden. Di posisi kedua adalah Gerindra yang elektabilitasnya 13,6%. Lalu, Golkar mendapat 10,8% suara responden. "Faktor pemilihan partainya, efek ekor jas Joko Widodo dan Prabowo." kata Wempy di Jakarta, Jumat (12/4).

(Baca: Partai-partai yang Terancam Gagal Duduk di DPR)

Dari data Indopolling, ada beberapa partai yang berada di bawah ambang batas parlemen seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), hingga Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Bahkan dalam survei, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) hanya mendapat 0,9% suara responden.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...