Game of Thrones Season 8 Siap Tayang, Biaya per Episode Rp 211 Miliar

Martha Ruth Thertina
14 April 2019, 18:39
Game of Thrones Season 8 siap tayang pada Senin (15/4).
www.hbo.com
Game of Thrones Season 8 siap tayang pada Senin (15/4).

Game of Thrones season 8 atau season terakhir bakal tayang mulai Senin (15/4). Bujet untuk pembuatan season terakhir tersebut dikabarkan mencapai US$ 15 juta atau sekitar Rp 211 miliar tiap episode. Ini menjadikannya sebagai serial televisi termahal yang pernah dibuat.

Mengutip laporan Variety, bujet Game of Thrones season 1 yang tayang pada 2011 lalu, sama dengan serial HBO lainnya yaitu di kisaran US$ 6 juta per episode. Bujet membengkak pada season terakhir menjadi US$ 15 juta per episode seiring masa produksi yang lebih serupa film dibandingkan serial televisi.

Advertisement

Meski berbiaya mahal, serial yang diadaptasi dari novel berseri milik George R.R. Martin’s -- A Song of Ice and Fire -- tersebut telah memberikan kontribusi pendapatan yang sehat untuk HBO. Kontribusi tersebut baik dari penjualan merchandise maupun penjualan luar negeri program HBO.

(Baca: Pidato “Game of Thrones” Jokowi Disambut Meriah di Forum IMF-WB 2018)

Business Insider memberitakan Game of Thrones season 8 ini berdurasi 80 menit tiap episode. Sedangkan pengambilan gambar untuk satu pertarungan memakan waktu selama 55 hari. Tak ayal bujet film fantasi tersebut mencapai angka US$ 15 juta per episode.

Bujet tersebut mengalahkan serial laris HBO lain yang paling tinggi sekitar US$ 10 juta per episode. Bujet tersebut juga melampaui produksi program mahal milik Netflix seperti “The Crown” dan “Stranger Things” yang masing-masing menelan biaya US$ 10 juta dan US$ 8 juta per episode.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement