Marak Proteksi Dagang, Mendag Sebut Mustahil Setop Impor

Image title
Oleh Ekarina
16 April 2019, 17:48
Impor, Perdagangan, Enggartiasto Lukita, larangan impor
Katadata
Ilustrasi pelabuhan ekspor-impor.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita  menegaskan pemerintah tidak mungkin secara total melarang impor. Selain untuk memenuhi kebutuhan industri, impor juga menjadi salah satu syarat yang berlaku dalam tata perdagangan dunia. 

Enggar menyatakan, di negara manapun, impor tidak bisa dihindari. Bahkan, tak ada satu negara di dunia pun yang bisa bertahan tanpa impor. 

Dia mencontohkan Tiongkok. Negara itu beralih dari sistem ekonomi tertutup ke terbuka dan langsung tumbuh pesat. Demikian juga dengan Vietnam,  yang ketika mereka terbuka dengan negara lain, perekonomiannya juga melesat, bahkan melampaui Indonesia.  

(Baca: Tantangan Indonesia Mengejar Pertumbuhan di Tengah Perlambatan Global)

Selain itu, impor juga diperlukan untuk menyeimbangkan perdagangan antara negara. Menurut dia, tidak mungkin suatu negara hanya mengekspor komoditasnya ke negara tertentu tanpa ada imbal balik.

Apalagi sekarang marak proteksionisme dagang. Sulit bagi negara lain untuk membuka pasar mereka, apabila tidak ada perdagangan yang saling menguntungkan,  

"Jadi tidak mungkin kita setop impor. Itu sulit diterima akal sehat. Kalau kita hanya mau ekspor, negara lain akan teriak. Dalam tata pergaulan dunia hal itu tak bisa diterima," katanya di ICE BSD, Tangeran, Banten, Selasa (16/4). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...