Usai Pilpres 2019, Jokowi Utus Perwakilan Bertemu Prabowo

Dimas Jarot Bayu
18 April 2019, 19:01
Pemilu, Pilpres 2019, Jokowi, Prabowo, Ma'ruf, Sandiaga, hasil hitung cepat, quick count, data lembaga survei
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat kampanye di GOR Dispora Sumut, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/4/2019). Dalam kampanyenya Jokowi mengajak pendukungnya untuk memerangi hoaks serta memenangkan pasangan Jokowi-Ma\'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo telah mengirimkan perwakilannya untuk bertemu dengan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Jokowi ingin berkomunikasi dengan rivalnya di Pilpres 2019 tersebut.

"Tadi siang saya sudah mengutus seseorang untuk bertemu dengan beliau," kata Jokowi di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis (18/4).

Jokowi mengatakan, pertemuan itu diharapkan dapat menunjukkan kepada rakyat bahwa Pemilu telah selesai dengan lancar, aman, dan damai. Selain itu, Jokowi ingin memperlihatkan dirinya dan Prabowo tidak akan bermusuhan hanya karena persaingan politik. "Saya dan Ma'ruf Amin tidak akan putus (persahabatan) dengan Pak Prabowo maupun Pak Sandi," kata Jokowi.

(Baca: Berbekal Hasil Quick Count, Jokowi Sebut Elektabilitasnya 54,5%)

Dia pun mengajak masyarakat untuk tidak saling bermusuhan hanya karena Pilpres 2019. Menurut dia, seluruh pihak harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. "Mari kita terus menjaga dan merawat persatuan, kerukunan, dan persaudaraan sebagai saudara sebangsa dan setanah air," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu yang telah berhasil menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan ini. Mantan Wali Kota Solo itu juga mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang sudah membantu menjaga keamanan Pemilu 2019.

Lebih lanjut, Jokowi berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah aktif menggunakan hak pilihnya. Terakhir, dia berterima kasih kepada seluruh partai Koalisi Indonesia Kerja, relawan, Tim Kampanye Nasional dan Tim Kampanye Daerah yang telah membantu upaya pemenangannya.

(Baca: Jokowi Dapat Ucapan Selamat Menang Pilpres dari 25 Pemimpin Negara)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...