Episode Pertama Game of Thrones Musim ke-8 Dibajak 55 Juta Kali

Michael Reily
22 April 2019, 10:24
game of thrones musim delapan, dibajak, hbo
WWW.HBO.COM
Salah satu adegan episode pertama Game of Thrones musim kedelapan. Episode yang tayang pada awal pekan lalu itu telah dibajak 55 juta kali dalam waktu hanya 24 jam.

Episode pertama Game of Thrones musim kedelapan telah dibajak 55 juta kali dalam waktu hanya 24 jam. Berdasarkan perusahaan analisis Muso, pembajakan itu dilakukan melalui lewat stream ilegal, unduhan, dan torrent.

Dilansir dari The Verge, Muso mengungkapkan 76,6% pembajakan itu merupakan tayangan tidak resmi, 12,2% unduhan ilegal, 11,3% adalah unduhan lewat torrent. Negara yang paling banyak melakukan pembajakan adalah India sekitar 10 juta kali dan Tiongkok mencapai 5 juta kali.

Advertisement

Chief Executive Officer Muso Andy Chatterley menyatakan musim terbaru Game of Thrones telah menjadi penantian lama para penggemar. Episode tersebut tayang perdana pada awal pekan lalu. "Karena konten tidak tersedia di daerah penggemar, mereka ingin mendapatkan hasil cepat karena takut tertinggal, atau mereka takut melihat video spoiler di media sosial," ujar Chatterley dalam The Independent, dikutip Senin (22/4).

Berdasarkan laporan Times, setelah mengungkapkan jumlah laporan unduhan ilegal, Muso mendapatkan investasi senilai £3.5 juta. Harwell Capital sebagai investor existing, menambah suntikan dana sebagai insentif untuk perang melawan pembajakan.

Andy Chatterley merupakan produser rekaman yang masuk nominasi Grammy, yang telah bekerja bersama Kylie Minogue dan Blondie.  Ia membuat Muso sebagai upaya melindungi hak para musisi serta stasiun penayangan.

(Baca: Pidato “Game of Thrones” Jokowi Disambut Meriah di Forum IMF-WB 2018)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement