Bukit Asam Siapkan Rp 5,34 Triliun untuk Investasi Lima Proyek

Martha Ruth Thertina
24 April 2019, 18:15
Bukit Asam Siapkan Rp 5,34 Triliun untuk Investasi Lima Proyek
ANTARA FOTO/HO/Sugeng
Ilustrasi Pembangunan PLTU

Perusahaan batu bara, Bukit Asam, menganggarkan dana investasi 5,34 triliun tahun ini untuk lima proyek pengembangan. Proyek yang dimaksud yaitu gasifikasi di Tambang Peranap dan Tanjung Enim, pembangunan dua pembangkit listrik, serta angkutan batu bara.

Pertama, proyek gasifikasi di tambang Peranap, Riau. Rencana bisnisnya yaitu mengkonversi batu bara kalori rendah (GAR kurang dari 3.000 kcal/kg) milik Bukit Asam di Tambang Panarap menjadi dimethyl ether (DME). DME akan digunakan sebagai substitusi LPG sehingga mengurangi ketergantungan pada impor LPG.

Untuk proyek tersebut, Bukit Asam bekerja sama dengan Pertamina sebagai offtaker DME, dan Air Products sebagai pemilik teknologi gasifikasi batu bara. “Proyek ini direncanakan berproduksi pada 2023 dengan konsumsi batu bara sebesar 8,7 juta ton/tahun dari tambang Peranap,” demikian tertulis dalam siaran pers, Rabu (24/4).

(Baca: Harga Batu Bara Turun, Laba Bukit Asam Anjlok 21%)

Kedua, proyek gasifikasi di tambang Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Rencana bisnisnya adalah mengubah batu bara menjadi syngas sebagai feedstock untuk produksi urea; DME; dan polypropylene. Proyek ini direncanakan beroperasi secara komersial pada 2022, dengan konsumsi batu bara 6,2 juta ton per tahun.

Saat ini, proyek ini sedang memasuki tahap bankable feasibility study dan pembebasan lahan di Kawasan Ekonomi Khusus Berbasis Batu Bara - Bukit Asam. Perusahaan telah melakukan penandatangan kesepakatan dengan Pertamina, Pupuk Indonesia, dan Chandra Asri Petrochemical.

Ketiga, proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Mulut Tambang Sumsel 8. PLTU Sumsel 8 adalah pembangkit swasta berkapasitas 2 x 620 megawatt (MW) yang berada di Muara Enim, Sumatera Selatan. Proyek ini digarap Bukit Asam dan China Huadian Hongkong Company melalui perusahaan konsorsium PT Huadian Bukit Asam Power.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...