Laba Bersih Pemilik Jaringan Restoran The Duck King Naik 60% di 2018

Image title
Oleh Ekarina
25 April 2019, 11:10
Laba Bersih The Duck King, Pendapatan Jaya Bersama Indo, kinerja bisnis restoran
The Duck King Group / Instagram
Pemilik jaringan restoran The Duck King berencana melebarkan sayap bisnisnya ke Vietnam.

PT Jaya Bersama Indo Tbk (DUCK), pemilik jaringan restoran The Duck King mencetak pertumbuhan laba bersih 60%  sepanjang 2018.  Laba perusahan tumbuh menjadi Rp 115 miliar, dibanding tahun sebelumnya Rp 72 miliar salah satunya disebabkan oleh meningkatnya penjualan. 

Kepala Riset Mirae Asset Sekuritas, Taye Shim dalam risetnya menyatakan,  ada tiga faktor yang menyebabkan pertumbuhan laba bersih perusahaan pada 2018. 

Pertama, adanya pertumbuhan penjualan 14.8%. Kemudian faktor pertumbuhan harga pokok penjualan yang lebih rendah sekitar 10,8% dan  peningkatan yang cukup signifikan pada penghasilan non-operasional (non-recurring).

(Baca: Restoran The Duck King Siap Ekspansi ke Vietnam)

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, sepanjang 2018 Jaya Bersama mencatat pendapatan Rp 617 miliar, tumbuh 14% dibanding periode sebelumnya sebesar Rp 538 miliar. 

"Pertumbuhan dua digit pada lini pendapatan kami perkirakan disebabkan oleh kenaikan signifikan dari jasa pesanan takeaway/delivery,  meskipun jumlah pengunjung flat," tulis dia  dalam risetnya.

Selain itu, pertumbuhan rata-rata penjualan tiap toko (same store sales growth/SSSG)  restoran The Duck King (TDK) menurutnya juga ada peringkatan 18% secara tahunan, dan Fook Yew  53% mengimbangi penurunan Imperial Chef 43%.

Marjin laba kotor perusahaan melebar dari 72,5% di 2017 menjadi 73,5%  di 2018, didukung oleh pertumbuhan harga pokok penjualan lebih rendah (COGS) sebesar 10,8% secara tahunan.

Sementara itu, diperolehnya peningkatan pendapatan non-operasional , (pendapatan lainnya), dari layanan  jasa dan tip  yang meningkat signifikan 263% turut berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan sepanjang tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...