Jokowi Perintahkan Para Menteri Jaga Harga Sembako Menjelang Ramadan

Dimas Jarot Bayu
23 April 2019, 13:54
Pedagang sayur mayur di Kawasan Pasar Rumput, Jakarta, Rabu, (21/01).
Arief Kamaludin | KATADATA
Pedagang sayur mayur di Kawasan Pasar Rumput, Jakarta, Rabu, (21/01).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk memperhatikan stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok, khususnya menjelang Ramadan dua pekan mendatang. Harga bahan pokok harus dikontrol agar terjangkau oleh masyarakat.

Dia pun mengimbau ketersediaan bahan pokok harus selalu dipastikan agar tak terjadi kekurangan pasokan selama Ramadan. "Saya ingatkan soal stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok benar-benar diperhatikan," kata Jokowi ketika membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat (23/4).

(Baca: Prabowo Janji Turunkan Sembako dalam 100 Hari, Ekonom: Bisa Impor)

Dengan demikian, masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa tanpa harus memikirkan masalah harga dan ketersediaan bahan pokok. "Sehingga masyarakat bisa nyaman dan tenang menjalankan ibadah puasa," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta TNI, Polri, dan kementerian terkait menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban pasca-Pemilu 2019. Sebab, ada riak-riak kecil yang terjadi di tengah masyarakat.  Kendati menurutnya riak-riak tersebut merupakan hal yang biasa dalam pesta demokrasi.

(Baca: Stabilisasi Harga, Kementan Pasok 38 Ton Bawang lewat Operasi Pasar)

Tetapi hal tersebut tetaplah harus diantisipasi oleh TNI dan Polri karena dihawatirkan dapat membesar jika tak diantisipasi sedari dini. "Jangan sampai mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...