Program Serasi, Solusi Pangan

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
25 April 2019, 10:58
KEMENTAN
Katadata

Jakarta - Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian  Sarwo Edhy meminta semua pihak turut mendukung dalam mewujudkan Indonesia lumbung pangan dunia. Langkah ini dilakukan melalui program unggulan Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi).

"Pengembangan rawa melalui program Serasi ini diperlukan sinergi yang serius dari pemerintah daerah dan pusat," ujar Edhy dalam diskusi pertanian di Gedung PIA Kementan, Rabu (24/4).

Keseriusan ini bertujuan meningkatkan indeks dan produksi pertanian. Program ini juga dinilai program luar biasa karena mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga bermuara pada kesejahteraan.

"Maka itu, kami juga sudah memberikan bantuan berupa benih unggul dan bermutu," katanya.

Edhy mengatakan, program ini diharapkan mampu mendorong petani milenial masuk dan turun secara langsung ke sawah dan perkebunan Serasi.

"Program ini mau tidak mau harus melibatkan petani milenial baik saat tanam maupun panen," katanya.

Program yang digagas Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman ini masih difokuskan untuk tiga wilayah di Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

"Tapi ada juga permintaan dari Lampung dan Riau yang mengajukan. Sebab, catatan yang ada, program ini berhasil menanam padi sebanyak 10 ribu hektar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...