Menko Darmin: Menhub Serahkan Masalah Tiket Pesawat ke Kami

Rizky Alika
26 April 2019, 17:24
mahalnya tiket pesawat, Menhub Budi Karya serahkan masalah tiket ke Menko Darmin Nasution, Garuda, BUMN, Rini Soemarno
123rf
Ilustrasi mahalnya harga tiket pesawat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pengambilalihan masalah tarif tiket pesawat bukan atas inisiatif dirinya. Pengambilalihan itu dilakukan lantaran Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta bantuan kepada Darmin.

"Mereka yang menyerahkan ke kami. Iseng amat (saya yang minta ambil alih)," kata dia di kantornya, Jakarta, Jumat (26/4).

Menurut dia, tarif tiket pesawat yang mahal memang sulit untuk diselesaikan. Karena itu, ia akan menggelar rapat bersama sejumlah pihak terkait untuk membahas masalah ini, termasuk Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno dan direksi Garuda Indonesia.

(Baca: Harga Tiket Pesawat Naik, Jumlah Penumpang Berkurang)

Sebelumnya, Menteri Budi mengatakan persoalan tiket pesawat akan diambil alih penanganannya oleh Menko Darmin. Hal ini dilakukan karena maskapai tak kunjung menurunkan harga tiket meskipun telah diimbau oleh pemerintah.

Namun, Budi enggan disebut melibatkaan Darmin dalam memecahkan masalah ini. "Menko-nya yang ingin terlibat," demikian seperti dikutip dari CNBCIndonesia.com.

Harga tiket pesawat memang tidak turun seperti yang diharapkan. Menko Maritim Luhut Panjaitan sebelumnya telah memberikan ultimatum ke maskapai untuk menurunkan harga.

(Baca: KPPU Ungkap Hasil Penyelidikan Dugaan Kartel Tiket Pesawat Pekan Depan)

Kementerian Perhubungan akan terus mengamati harga tiket pesawat menjelang Lebaran 2019. Apabila penurunan tarif tiket penerbangan tidak dilakukan, Kementerian berancang-ancang menyiapkan aturan baru.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...