Real Count KPU 45%, Jokowi Unggul 9 Juta Suara

Safrezi Fitra
28 April 2019, 10:13
real count, jokowi, prabowo, situng kpu, pilpres, Real Count KPU 45%, Jokowi Unggul 9 Juta Suara
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo berpidato saat Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK, Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Konser itu merupakan kampanye akbar untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma\'ruf Amin.

Data real count Komisi Pemilihan Umum (Situng KPU) mencatat hingga Minggu pagi (28/4), sudah ada 373.204 TPS yang dihitung atau 45,8 total TPS pada Pemilu 2019. Dari total tersebut, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin unggul sementara 9 juta suara dari pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh 39,5 juta suara atau 56,43 persen. Sementara untuk pasangan Prabowo-Sandi adalah 30,5 juta suara, atau 43,57 persen dari total suara yang sudah diinput ke dalam sistem. Jokowi - Ma’ruf unggul di 21 provinsi dan luar negeri, sementara Prabowo-Sandi unggul di 13 provinsi.

(Baca: Ketua KPU: Terlalu Dini Simpulkan Pemilu 2019 Gagal dan Curang)

Daerah yang menjadi lumbung suara atau wilayah yang menyumbang suara terbanyak untuk Jokowi-Ma'ruf yakni Jawa Tengah dengan perolehan suara 8,9 juta, Jawa Timur sebanyak 5,14 juta dan Jawa Barat 2,8 juta suara.

Sementara sumber suara terbanyak pasangan nomor urut 02 Prabowo - Sandiaga dari Jawa Barat sebesar 3,5 juta suara, Sumatra Utara 1,8 juta, Sumatra Selatan 1,8, dan Sumatra Barat 1,7 juta.

Situng bisa diakses secara bebas melalui laman pemilu2019.kpu.go.id. Penghitungan suara di laman ini terus dimutakhirkan secara berkala. Data yang dimasukkan ke Situng adalah data formulir C1 atau hasil penghitungan tiap TPS yang dipindai dan diunggah ke sistem.

(Baca: Real Count Sementara Menunjukkan Jokowi Unggul di Lima Region)

Data pada Situng tidak akan menjadi hasil resmi perolehan suara akhir. Penetapan rekapitulasi suara akhir tetap dilakukan berdasarkan penghitungan manual berjenjang dari kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, kemudian nasional.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...