PAN Berpeluang Besar Menyeberang ke Kubu Jokowi

Image title
29 April 2019, 21:22
PAN, Jokowi, Prabowo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno (kiri) dan Wakil Ketua DPP PAN Bara Hasibuan (kanan) memberikan keterangan di DPP PAN, Jakarta, Jumat (30/12).

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Aisah Putri Budiarti menyebut, ada dua partai yang kemungkinan berbalik arah dari kubu Prabowo Subianto (Prabowo) ke kubu Joko Widodo (Jokowi), yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

Di antara dua partai tersebut, Puput, begitu ia biasa disapa, menyebut kans Partai Amanat Nasional (PAN) berbalik arah mendukung kubu Jokowi lebih besar ketimbang Partai Demokrat.

Seperti yang diketahui, dua partai tersebut kian gencar diisukan keluar dari koridor Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga). Yang terbaru ialah pertemuan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hassan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Ia menilai  Zulkifli sangat paham konsekuensi dari pertemuan tersebut, tetapi justru Zulkifli seolah nampak ingin melihat respon dari kedua kubu. Menurutnya, dengan berinisiatif untuk bertemu dan sekadar berbincang-bincang dengan Jokowi, Zulkifli melakukan dua hal, yakni 'testing the water' kubu Prabowo-Sandiaga dan kubu pendukung Jokowi.

Puput mengungkapkan, PAN memiliki hubungan yang cukup baik dengan pemerintahan Jokowi dan tidak memiliki sejarah luka lama seperti Demokrat. Oleh karena itu, PAN lebih berpeluang besar merapat ke kubu Jokowi. "Karena yang sama-sama kita tau bahwa Demokrat memiliki luka lama yang tidak mudah untuk dicairkan,” ujar Puput di Jakarta, Senin, (29/4).

Ia juga menyebut bahwa PAN tidak memiliki beban terlalu berat. Meski Amien Rais sebagai Dewan Pembina PAN begitu keras terhadap pemerintahan Jokowi, namun hal tersebut bukan menjadi penghalang PAN untuk masuk di koridor yang sama dengan Jokowi pada periode kedua, terbukti dengan bergabungnya PAN pada 2016 lalu, meskipun waktu Pilpres 2014 PAN berseberangan dengan Jokowi.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...