PTPP Bidik Rp 500 Miliar dari Divestasi Aset Tahun ini

Image title
1 Mei 2019, 02:00
PTPP berencana menjual aset, proyek infrastruktur PTPP, capex, kinerja perusahaan, laporan keuangan
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pembangunan jalan tol. PT PP (Persero) Tbk akan menjual sebagian sahamnya di tiga proyek infrastruktur.

PT PP (Persero) Tbk berencana menjual sebagian aset-aset mereka alias divestasi saham di beberapa proyek-proyek yang telah beroperasi. Targetnya, perusahaan dengan kode efek PTPP itu dapat mengantongi dana segar sekitar Rp 500 miliar pada 2019.

Direktur PTPP Agus Purbianto mengatakan, salah satu tujuan dari rencana tersebut untuk menambah dana investasi dan pemenuhan belanja modal (capex). Total capex mereka tahun ini senilai Rp 9 triliun, sebanyak 70% bakal didanai dari pinjaman dan 30% dari kas internal.

Advertisement

Tahun ini, rencananya PTPP akan mengurangi porsi kepemilikan mereka pada tiga proyek yaitu Tol Pandaan-Malang yang bakal beroperasi dalam waktu dekat, tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, dan Pelabuhan Kuala Tanjung. Namun, Agus tidak menjelaskan lebih rinci berapa persen pelepasan kepemilikan saham di proyek-proyek itu.

(Baca: Pemerintah Kantongi Rp 153 Miliar dari Dividen PTPP 2018)

“Divestasi kami lakukan untuk aset dengan kepemilikan di atas 20%. Kami kurangi bertahap aset yang sudah beroperasi," kata Agus ketika ditemui usai menggelar Rapat Umum Pemegang Saham tahunan (RUPST) di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (30/4).

Perusahaan bakal menggunakan belanja modal mayoritas untuk sektor energi senilai Rp 3,3 triliun. Agus menjelaskan, mereka juga menganggarkan Rp 2,4 triliun untuk menggarap proyek infrastruktur.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement