Rudiantara: Palapa Ring Terintegrasi Sebelum 17 Agustus 2019

Cindy Mutia Annur
3 Mei 2019, 08:21
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan pemaparan mengenai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur di Jakarta, Senin (19/11)
Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan pemaparan mengenai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur di Jakarta, Senin (19/11)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara memastikan seluruh proyek Palapa Ring akan terintegrasi sebelum 17 Agustus 2019. Saat ini, progres konstruksi Palapa Ring Timur sudah mencapai 96 %, sementara paket barat dan tengah telah rampung.

Ia mengatakan, Palapa Ring Timur dibagi menjadi dua subpaket. Pada Subpaket A, mencakup wilayah Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat. Sementara subpaket B, terdiri dari Jayapura, Timika, Merauke, dan Tanah Merah Boven Digoel.

Menurutnya, pengerjaan subpaket A telah mencapai 100 % dan kini sedang dalam tahap uji coba. Sedangkan, subpaket B progresnya tinggal 6% lagi. “Paling lama Juli sudah selesai, sebelum 17 Agustus sudah terintegrasi ke seluruh Indonesia,” ujar Rudiantara saat ditemui di Thamrin, Jakarta, Kamis (2/5).

Menurutnya, konstruksi fisik proyek ini akan selesai pada Juli 2019. Kemudian, proses integrasi akan memakan waktu sekitar 28 hari.

(Baca: Tol Langit, Kombinasi Palapa Ring dan Satelit Internet)

Ia menjelaskan, dalam tinjauannya ke Papua beberapa hari yang lalu terdapat tiga kendala yang ditemui dalam pengerjaan proyek ini. Pertama, yakni sulitnya akses di wilayah gunung sehingga timnya sulit menarik fiber optic di sana. Dari 52 titik yang ada, timnya harus membangun gelombang mikro (microwave) sebab 28 titik di antaranya tidak memiliki jalan atau akses.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...