Tol Langit, Kombinasi Palapa Ring dan Satelit Internet

Pingit Aria
4 April 2019, 16:17
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan pemaparan mengenai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur di Jakarta, Senin (19/11)
Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberikan pemaparan mengenai proyek Palapa Ring Paket Barat, Tengah dan Timur di Jakarta, Senin (19/11)

Pemerintah terus membangun infrastruktur telekomunikasi untuk koneksi internet cepat di seluruh Nusantara. Pembangunan infrastruktur itu kemudian diidentikkan dengan istilah ‘Tol Langit’.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, istilah dari ‘Tol Langit’ yang sempat viral beberapa waktu lalu merupakan kombinasi dari Proyek Palapa Ring dan satelit multifungsi yang dimiliki Indonesia.

Advertisement

“Kami pastikan, di Indonesia tidak akan ada lagi internet lemot. Ini barang kali yang disebut Tol Langit, kombinasi antara Palapa Ring dengan Satelit,” kata Menteri Rudiantara, dikutip dari siaran pers, Kamis (3/4).

Berkaitan dengan konstruksi Palapa Ring, Rudiantara mengatakan bahwa Palapa Ring Barat dan Tengah telah 100% selesai masa konstruksinya. Sementara, Palapa Ring Timur sudah 95%, dan ditargetkan akan selesai dikerjakan pertengahan tahun 2019.

“Pertengahan tahun 2019 ini, semua kabupaten dan kota (di seluruh Indonesia) sudah terhubung dengan internet kecepatan tinggi atau broadband,” ujarnya.

(Baca juga: Enam Infrastruktur Telekomunikasi Dibangun di Era Jokowi)

Rudiantara juga menyatakan bahwa pemerintah menargetkan Indonesia memiliki satelit sendiri agar pelayanan internet lebih optimal. “Kami pastikan sekolah SD, SMP dan SMA terhubung dengan broadband. Bukan hanya dengan internet yang sekarang dipakai ujian nasional berbasis komputer, tapi harus dipakai untuk proses belajar mengajar,” tuturnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement