Pimpinan DPR Dukung Rencana Jokowi Pindahkan Ibu Kota

Dimas Jarot Bayu
6 Mei 2019, 20:08
DPR, ibu kota, rencana pemindahan ibu kota
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mendukung rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota. Bambang meyakini rencana tersebut telah dilakukan dengan kajian yang matang.

Meski demikian, Bambang meminta implementasi pemindahan ibu kota dilakukan secara hati-hati. "Karena ini pemindahan ibu kota, satu hal yang tidak mudah," kata Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/5).

Advertisement

Bambang mengatakan, DPR nantinya akan melihat sejauh mana konsep yang telah dibuat Bappenas dan telah disinkronkan dengan Kementerian Keuangan untuk pemindahan ibu kota. Konsep tesebut bakal kembali dibahas di DPR setelah memasuki masa sidang baru.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyarankan wacana pemindahan ibu kota menggunakan konsep maritim. Dengan konsep tersebut, ibu kota bisa dipindahkan ke wilayah kepulauan.

Fahri lantas menyarankan agar ibu kota dipindahkan ke wilayah pesisir Jakarta, yakni sekitar Kepulauan Seribu. Menurutnya, pemerintah dapat memanfaatkan tanah reklamasi di Teluk Jakarta yang saat ini belum difungsikan. "Itu lebih masuk akal karena kita mau mendalami konsepsi negara maritim kan," kata Fahri.

Dengan menggunakan konsep tersebut, Fahri menilai biaya yang dikeluarkan untuk pemindahan ibu kota menjadi lebih murah. Hal tersebut lantas tak akan membebani anggaran negara, karena jaraknya tidak jauh dari Jakarta.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement