Dampak Tarif Ojek Online Naik, Pengguna Pilih Pemesanan Jarak Dekat

Cindy Mutia Annur
7 Mei 2019, 16:00
Dampak Tarif Ojek Online
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Setelah tarif ojek naik, pengguna tetap memanfaatkan layanan untuk jarak dekat.

Penyedia layanan on-demand  Gojek dan lembaga riset Research Institute of Socio-Economic Development (RISED) menyebut, kenaikan tarif ojek online dapat menurunkan permintaan layanan. Namun, beberapa konsumen masih menggunakan layanan ojek online untuk perjalanan jarak dekat.

Ibu rumah tangga, Juriah (47 tahun) biasanya menggunakan jasa ojek online untuk pergi ke pasar. Sebelum tarif naik, ia hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 7 ribu untuk perjalanan 2,8 kilometer. Setelah tarifnya naik, ia mengeluarkan biaya Rp 10 ribu untuk jarak yang sama.

Untuk perjalanan jarak dekat seperti ini, ia masih menggunakan jasa ojek online. “Tapi kalau perjalanannya jarak jauh, saya memilih naik Trans Jakarta,” kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (7/5).

(Baca: Gojek Sebut Permintaan Layanan Turun Usai Kenaikkan Tarif Ojek Online)

Selain itu, saat membandingkan tarif transportasi, ia sering menemukan harga layanan berbagi tumpangan (ride hailing) kendaraan roda empat lebih murah ketimbang ojek online. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika permintaan layanan ojek online sedang tinggi.

Pengguna layanan ojek online lainnya, Ranita (22 tahun) merasa kenaikan tarif layanan ini menambah pengeluaran sehari-hari. Meski begitu, perempuan yang tinggal di kawasan Jakarta Barat ini masih menggunakan layanan ojek online untuk perjalanan jarak dekat.

Selain itu, ia merasa terbantu dengan adanya program penawaran khusus dari aplikator seperti Gojek dan Grab.  “Biasanya naik ojek online yang jaraknya dekat. Jadi kenaikan tarif tidak terlalu terasa,” ujar Ranita.

(Baca: Survei RISED: Mayoritas Konsumen Tolak Kenaikkan Tarif Ojek Online)

Hal senada disampaikan oleh pengguna ojek online, Misrohatun (22 tahun). Dia juga menggunakan jasa transportasi online ini untuk perjalanan jarak dekat. Karena itu, ia belum merasa terbebani dengan kenaikan tarif ojek online ini.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...