Komite I DPD Sebut Tak Ada Kecurangan dalam Situng KPU

Dimas Jarot Bayu
8 Mei 2019, 14:23
Pekerja menyimpan kembali logistik Pemilu 2019 hasil rekapitulasi tingkat kecamatan di gudang KPUD Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (24/4/2019). KPUD Temanggung bekerjasama dengan Polres setempat menjamin keamanan logistik Pemilu 2019.
ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN
Pekerja menyimpan kembali logistik Pemilu 2019 hasil rekapitulasi tingkat kecamatan di gudang KPUD Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (24/4/2019). KPUD Temanggung bekerjasama dengan Polres setempat menjamin keamanan logistik Pemilu 2019.

Komite I DPD RI memastikan tak ada unsur kecurangan dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal itu merupakan kesimpulan dari tinjauan langsung Komite yang membidangi otonomi daerah tersebut ke kantor KPU, Jakarta, Rabu (8/5).

"Kami berani mengatakan kalau ada tuduhan bahwa selama ini Situng KPU disiapkan dan menjadi sistem yang didesain untuk kepentingan pihak tertentu, bisa dikatakan zero percent kebenarannya," kata Ketua Komite I DPD RI Benny Ramdhani.

Benny menjelaskan, data entri di Situng telah sesuai dengan hasil salinan formulir C1 yang diterima KPU Kabupaten/Kota dari KPPS. Jika ada kekeliruan pengisian formulir C1, data tersebut dapat diperbaiki melalui rapat pleno terbuka di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Jadi kalau di Situng ada kekeliruan, maka bisa dikoreksi," kata Benny.

Lebih lanjut, Benny menilai Situng tak mungkin digunakan untuk curang lantaran bukan hasil resmi penghitungan suara. Menurut Benny, hasil resmi penghitungan suara berdasarkan rekapitulasi secara berjenjang yang dilakukan KPU.

(Baca: Soal Temuan Ribuan C1, BPN: Ada yang Ingin Rusak Citra Prabowo-Sandi)

Situng hanyalah bentuk transparansi dan panduan bagi masyarakat dalam melihat pemungutan dan penghitungan suara di berbagai daerah. "Bagaimana mungkin dia (Situng) melakukan kecurangan dengan cara transparansi dan keterbukaan," kata Benny.

Pernyataan Benny berbeda dengan apa yang disampaikan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pada Kamis (3/5). Fadli sebelumnya menilai Situng KPU amatir dan memiliki banyak kelemahan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...