Pemerintah Buka Lelang 4 Blok Migas Tahap II 2019

Image title
8 Mei 2019, 16:14
WK Migas
Katadata
Ilustrasi, gambaran blok migas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) kembali melelang dua Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi (WK Migas) yang pada pada tahap I lalu dinyatakan tidak ada pemenangnya. Melalui mekanisme lelang reguler, sebelumnya pemerintah mengadakan lelang WK Migas Tahap I 2019 mulai 25 Februari 2019 sampai dengan 25 April 2019.

Dari lima WK Migas yang dilelang, hanya ada dua WK Migas yang dinyatakan ada pemenangnya, yakni Konsorsium Sonoro Energy Ltd dan PT Menara Global Energi untuk WK Selat Panjang dan Kufpec Regional Ventures Ltd. untuk WK Anambas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan, selain akan melelang dua WK Migas yang tidak ada pemenangnya pada pada tahap I, pemerintah berencana akan menambah WK Migas baru yang akan dilelang dalam tahap II.

"Sesuai janji pemerintah, kami akan melelang ulang beberapa WK Migas. Lalu kita akan menambah WK Migas baru yang akan dilelang hari ini. Lelang pertama masih ada tiga yang belum ada pemenangnya. Tapi, saat ini yang dilelang dua saja, yang satu TnC ikut di lelang berikutnya," ujar Djoko di Gedung Kementerian ESDM, Rabu (8/5).

Dua WK yang belum ada pemenangnya pada lelang sebelumnya adalah WK West Ganal dan WK West Kampar. Dua WK ini menurut Djoko sudah diminati oleh beberapa perusahaan. Sementara, WK Migas baru yang akan dilelang pada tahap II adalah WK Kutai dan WK Bone.

"WK Kutai dan WK Bone merupakan dua WK Migas baru yang akan dilelang, minat sudah ada namun beberapa perusahaan meminta waktu perpanjangan evaluasi untuk dua WK Migas ini," ujar Djoko.

(Baca Juga: Kementerian ESDM Masih Kaji Proposal Pengembangan Blok Lhokseumawe)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...