Jokowi Jengkel Soal Investasi, Luhut Minta Pemimpin Daerah Lebih Aktif

Rizky Alika
9 Mei 2019, 14:35
jokowi jengkel soal investasi, luhut minta pemimpin daerah turun ke bawah
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 sekaligus meluncurkan Visi Indonesia 2045 di Hotel Shangri-La Jakarta, pada Kamis (9/5/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluhkan izin investasi usaha yang masih berbelit-belit. Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, para pemimpin daerah seharusnya bisa turun tangan untuk mencari tahu akar permasalahan.

"Raja (pemimpin) harus bisa reach out-lah. Harus bisa turun ke bawah, tanya masalahnya apa. Semua aturan-aturan kan sudah ada," kata dia usai menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5).

Menurut dia, para pemimpin daerah terkadang menganggap menteri mengemban seluruh tugas. Seharusnya, mereka dapat menghilangkan pola pikiran tersebut. "Kadang-kadang pemimpin itu masih banyak yang merasa kami (menteri) segala-galanya. Mental ini harus kita buang," ujar dia.

Namun, Luhut mengakui para menteri pun butuh kritik untuk memperbaiki kekurangannya. Segala kekurangan juga ia anggap sebagai hal yang lumrah. Sebab, sejumlah peraturan yang telah diterapkan belum tentu dieksekusi dengan sempurna.

(Baca: Sri Mulyani: Investasi Akan Naik Setelah Pemilu)

Dalam pembukaan Musrenbangnas, Jokowi mengklaim, ada banyak investor yang tertarik masuk ke Indonesia sejak ia memerintah. Namun, rencana itu urung dilakukan karena perizinan di Indonesia rumit. “Jengkel saya,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...