Wapres JK Dorong Efisiensi Anggaran untuk Peningkatan Belanja Modal

Michael Reily
9 Mei 2019, 18:55
APBN, Jusuf Kalla
KATADATA/MICHAEL NATHANIEL
Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution memberikan keterangan pers usai membuka Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Senin (15/4).

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyorot kecilnya penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk belanja modal.

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah lebih efisien karena penggunaan belanja modal punya dampak besar terhadap masyarakat.

Advertisement

Jusuf Kalla mengungkapkan sebanyak 82% penggunaan APBN sudah teralokasikan untuk pendidikan, kesehatan, bunga utang, bantuan sosial, hingga transfer ke daerah. Sementara belanja modal pemerintah pusat hanya 18%. Padahal, belanja modal memiliki efek berantai yang besar.

"Anggaran pembangunan dari belanja modal itu yang punya multiplier effect, jangan belanja barang yang besar," katanya saat menutup Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (9/5).

Ia menjelaskan, pemerintah terus meningkatkan anggaran setiap tahun, misalkan anggaran tahun 2010 tercatat sekitar Rp 1.000 triliun, jumlahnya meningkat mencapai Rp 2.500 triliun untuk tahun 2020. Karena anggaran terus meningkat, Jusuf Kalla meminta hasil positif yang sejalan dengan peningkatan tersebut.

(Baca: Strategi Indonesia Jadi Ekonomi Terbesar Ke-5 pada 2045)

Tak hanya soal efisiensi, Jusuf Kalla juga meminta agar pemerintah daerah mampu mengembangkan kemampuan untuk berinovasi dan lebih kreatif agar daerah tersebut menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung oleh pemerintah pusat.

Kemandirian tiap daerah terutama di bidang usaha, ia katakan bakal membuat ekonomi nasional lebih baik. Selain itu, Jusuf Kalla juga meminta pemerintah daerah untuk lebih aktif lagi memanfaatkan teknologi, sebab peningkatan penggunaan teknologi mampu mendongkrak produktivitas dan nilai tambah.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement