Strategi Bappenas Atasi Defisit Transaksi Berjalan dalam Lima Tahun

Rizky Alika
9 Mei 2019, 17:27
defisit transaksi berjalan, bappenas, bambang brodjonegoro
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro selaku Menteri Bappenas memberikan paparan dalam acara Musrenbangnas 2019 di hotel Shangri - La,  Jakarta Pusat (9/5). Penyusunan RKP 2020 yang mengusung tema “Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas” dilakukan dengan penguatan pendekatan penganggaran berbasis program (money follows program) dan pendekatan Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial (THIS).

Defisit transaksi berjalan menjadi masalah menahun sejak 2012. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah telah memasukkan upaya mengatasi defisit transaksi berjalan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

"Lima tahun di RPJMN kami berupaya memperbaiki defisit perdagangan dan defisit tarnsaksi berjalan‎," kata Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro usai menghadiri acara Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (9/5).

Menurut dia, defisit transaksi berjalan disebabkan oleh neraca dagang yang masih mengalami defisit atau surplus masih kecil. Karena itu, pemerintah telah merumuskan upaya peningkatan ekspor, baik ekspor sumber daya alam dan produk manufaktur.

Selain itu, ekspor jasa juga akan ditingkatkan dengan mendorong jasa pengangkutan kapal. Hal ini diharapkan dapat memperbaiki kinerja neraca jasa Indonesia.

Langkah tersebut juga diiringi peningkatan devisa dari sektor jasa. Caranya, pemerintah akan menggenjot pariwisata guna mendorong turis masuk ke dalam negeri. Konsumsi turis di dalam negeri dapat menambah devisa Indonesia.

Kemudian, sektor jasa yang masih defisit juga akan diperbaiki. Adapun, neraca jasa Indonesia juga mengalami defisit tahunan. Pada 2018, beberapa sektor jasa yang menyebabkan defisit antara lain transportasi, pemeliharaan dan perbaikan, keuangan, penggunaan hak cipta, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...