Pemerintah Bidik 2,12 Juta Kunjungan Wisata dari Singapura Tahun Ini

Michael Reily
10 Mei 2019, 15:18
Kementerian Pariwisata kejar target wisatawan asing 2019 dari singapura
ANTARA FOTO/Wira Suryantala
Sejumlah calon penumpang menunggu jadwal penerbangan di terminal keberangkatan internasional Bandara Ngurah Rai, Tuban, Bali, Minggu (26/11).

Pemerintah menargetkan 2,12 juta kunjungan wisatawan dari Singapura pada tahun ini. Ini artinya sekitar 10% dari target 20 juta kunjungan wisatawan asing tahun ini. Kementerian Pariwisata pun mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan promosi guna mendatangkan wisatawan asal negeri Singa tersebut.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati menyatakan minimnya pilihan wisata di Singapura bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk menawarkan berbagai kegiatan wisata, di antaranya wisata petualangan.

“Indonesia memiliki lebih dari 100 destinasi petualangan yang luar biasa sebagai wisata petualangan kelas dunia," kata Dessy dalam keterangan resmi, Jumat (10/5).

(Baca: Kemenpar Ajukan Ubud Sebagai Destinasi Wisata Kuliner PBB)

Untuk mengejar target kunjungan wisatawan, Kementerian Pariwisata pun membawa 11 pelaku industri lokal di bidang akomodasi, agen perjalanan atau operator tur, dan pengelola wisata minat khusus ke Sales Mission Adventure di Violet Oon, Clarke Quay, Singapura, pada Rabu (8/5) lalu.

Para pelaku usaha lokal yang berasal dari beberapa daerah tersebut dipertemukan dengan 31 pelaku usaha Singapura. Para pelaku usaha itu pun tertarik membawa wisatawan Singapura untuk berwisata petualangan ke Indonesia. Pebisnis Indonesia membukukan transaksi hingga lebih dari 5.971 paket dengan nilai Rp 13,8 miliar.

(Baca: Bidik Wisatawan Milenial, Pemerintah Kolaborasi dengan TikTok)

Berdasarkan Adventure Travel Trade Association (ATTA), Indonesia menerima kunjungan 100 ribu wisawatan minat khusus petualangan dari seluruh dunia, setiap tahunnya. Sebanyak 67% wisatawan petualangan disebut mengeluarkan uang di destinasi yang mereka kunjungi. Maka itu, wisata petualangan disebut memiliki dampak besar bagi ekonomi masyarakat lokal.

Adapun potensi peningkatan wisatawan dari Singapura seiring dengan dekatnya jarak geografis dengan Indonesia. Tahun lalu, terjadi 1.750.913 kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia, tumbuh 16% dari tahun sebelumnya 1.512.813 kunjungan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...