Kemenpar Ajukan Ubud Sebagai Destinasi Wisata Kuliner PBB

Michael Reily
10 Mei 2019, 12:37
Kuliner Indonesia disajikan di Forum Dunia “Gastronomy Tourism 2019” di Spanyol, 2-3 Mei 2019.
Kementerian Pariwisata
Kuliner Indonesia disajikan di Forum Dunia “Gastronomy Tourism 2019” di Spanyol, 2-3 Mei 2019.

Kementerian Pariwisata mengajukan Ubud, Gianyar sebagai destinasi gastronomi standar United Nation World Tourism Organization (UNWTO). Saat ini, PBB tengah menunggu laporan dari Tim Lokal Ubud Gianyar untuk menilai kualitas kuliner di salah satu wilayah di Bali itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, gastronomi sebagai salah satu strategi promosi pariwisata Indonesia dalam peta dunia. “Saya percaya apa yang kita lakukan sekarang menjadi model bagi destinasi kuliner lain, juga akan naik berstandar global,” kata Arief dalam keterangan resmi, Jumat (10/5).

Keikutsertaan Indonesia dalam UNWTO menjadi strategi untuk masuk ke dalam lingkaran gastronomi global. Apalagi, Kementerian Pariwisata juga turut hadir dalam UNWTO World Forum on Gastronomy Tourism kelima.

UNWTO World Forum on Gastronomy Tourism 2019 berlangsung di San Sebastian, Spanyol pada 2 dan 3 Mei lalu. Selain Indonesia, ada 156 negara lain anggota yang hadir ikut serta dalam acara kuliner yang berstandar internasional itu.

(Baca: Pemerintah Target Wisata Gastronomi Indonesia Masuk Tiga Besar Dunia)

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Vita Datau menyatakan, ini merupakan kali ketiga Kementerian Pariwisata berpartisipasi dalam UNWTO World Forum on Gastronomi Tourism. Selain untuk promosi, ia berharap keikutsertaan deleggasi Indonesia di sana dapat menjaring peluang kerja sama bisnis.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...