Bidik Wisatawan Milenial, Pemerintah Kolaborasi dengan TikTok

Michael Reily
29 April 2019, 12:52
Kementerian Pariwisata kerja sama dengan TikTok, Wonderful Indonesia, 10 Bali Baru
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Di kawasan pariwisata KEK Mandalika yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan dibangun sirkuit berkelas MotoGP dengan trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan dibangun dengan konsep "street circuit". Kawasan Mandalika termasuk dalam 10 Bali Baru yang dicanangkan Kementerian Pariwisata.

Kementerian Pariwisata meluncurkan program TikTok Wonderful Indonesia bekerja sama dengan TikTok Indonesia untuk menggaet wisatawan milenial. Alasannya, sebesar 50% turis asing yang datang adalah generasi muda pengguna media sosial.

Tenaga Ahli Kementerian Pariwisata Bidang Manajemen Strategis Priyantono Rudito menyatakan langkah strategis pemerintah adalah menguasai pasar milenial. "Sosial media itu sudah seperti kebutuhan karena mereka ingin pengakuan, mereka adalah masa depan pariwisata Indonesia," kata Priyantono dalam keterangan resmi, Senin (29/4).

Dia menyebutkan, kolaborasi adalah bagian dari implementasi kebijakan Kementerian Pariwisata menuju digital melalui program Tourism 4.0, terutama promosi 10 Bali Baru. Aspek hidup milenial menjadi pusat implementasi kebijakan ini.

(Baca: Pemerintah Target Wisata Gastronomi Indonesia Masuk Tiga Besar Dunia)

Kolaborasi dengan TikTok Indonesia bakal membuat generasi muda lebih terpapar dengan destinasi wisata yang ada di Indonesia. "Intinya, milenial menuntut adanya pengalaman digital dari setiap titik di dalam perjalanan konsumsi mereka," ujar Priyantono.

10 Bali Baru adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Pulau Seribu (Jakarta), Tanjung Lesung (Banten), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Gunung Bromo (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Pulau Morotai (Maluku Utara).

(Baca: Tiket Pesawat Mahal, Okupansi Hotel Januari-April Anjlok hingga 40%)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...