Tol Bakauheuni-Palembang Dipastikan Beroperasi Saat Mudik

Image title
10 Mei 2019, 17:32
Peserta sepeda gembira (Fun Bike) Tour De Bakter melintas di ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Natar-Terbanggi Besar Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (9/2/2019). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Ke-58 PT. Hutam
ANTARA FOTO/ARDIANSYAH
Peserta sepeda gembira (Fun Bike) Tour De Bakter melintas di ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Natar-Terbanggi Besar Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (9/2/2019). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Ke-58 PT. Hutama Karya dengan tema ?Hidup Sehat ala Milenial?. Sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat jika ruas JTTS Bakauheni- Terbanggi Besar sudah dapat di pergunakan oleh masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalan Tol Bakauheuni-Palembang bisa difungsikan saat mudik Lebaran 2019. Menurutnya, saat ini hanya ada sedikit pekerjaan yang belum rampung di proyek yang merupakan bagian dari jatringan tol Trans Sumatera itu.

"Di Terbanggi Besar tinggal satu jembatan yang belum jadi, rencananya Mei ini selesai. Jembatan itu yang menghubungkan Terbanggi Besar-Palembang," ujarnya, di Jakarta, Jumat (10/5).

Sedangkan, ruas tol lain yang difungsikan saat mudik lebaran yaitu jalan Tol Trans Kalimantan pada ruas Balikpapan-Bukit Soeharto. Kemudian, di Sulawesi, ruas Manado-Bitung. Lalu, tol Trans Jawa pada ruas Pandaan-Malang.

Adapun Tol Bakauheuni-Palembang merupakan bagian dari Trans Sumatera yang panjangnya 350 kilometer (km). Dengan difungsikannya tol Trans Sumatera rute Bakauheni-Palembang, waktu tempuh Bakauheni-Palembang yang sebelumnya bisa mencapai 12 jam tanpa melalui tol, nantinya bisa ditempuh hanya dalam lima sampai enam jam saja.

(Baca: Persiapan Mudik, Tol Pandaan-Malang Siap Diresmikan Pekan Depan)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...