Tol Bakauheuni-Palembang Dipastikan Beroperasi Saat Mudik

Penulis: Fariha Sulmaihati

Editor: Pingit Aria

10/5/2019, 17.32 WIB

Tol Bakauheuni-Palembang merupakan bagian dari Trans Sumatera yang panjangnya 350 kilometer.

Peserta sepeda gembira (Fun Bike) Tour De Bakter melintas di ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Natar-Terbanggi Besar Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (9/2/2019). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Ke-58 PT. Hutam
ANTARA FOTO/ARDIANSYAH
Peserta sepeda gembira (Fun Bike) Tour De Bakter melintas di ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Natar-Terbanggi Besar Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (9/2/2019). Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Ke-58 PT. Hutama Karya dengan tema ?Hidup Sehat ala Milenial?. Sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat jika ruas JTTS Bakauheni- Terbanggi Besar sudah dapat di pergunakan oleh masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan jalan Tol Bakauheuni-Palembang bisa difungsikan saat mudik Lebaran 2019. Menurutnya, saat ini hanya ada sedikit pekerjaan yang belum rampung di proyek yang merupakan bagian dari jatringan tol Trans Sumatera itu.

"Di Terbanggi Besar tinggal satu jembatan yang belum jadi, rencananya Mei ini selesai. Jembatan itu yang menghubungkan Terbanggi Besar-Palembang," ujarnya, di Jakarta, Jumat (10/5).

Sedangkan, ruas tol lain yang difungsikan saat mudik lebaran yaitu jalan Tol Trans Kalimantan pada ruas Balikpapan-Bukit Soeharto. Kemudian, di Sulawesi, ruas Manado-Bitung. Lalu, tol Trans Jawa pada ruas Pandaan-Malang.

Adapun Tol Bakauheuni-Palembang merupakan bagian dari Trans Sumatera yang panjangnya 350 kilometer (km). Dengan difungsikannya tol Trans Sumatera rute Bakauheni-Palembang, waktu tempuh Bakauheni-Palembang yang sebelumnya bisa mencapai 12 jam tanpa melalui tol, nantinya bisa ditempuh hanya dalam lima sampai enam jam saja.

(Baca: Persiapan Mudik, Tol Pandaan-Malang Siap Diresmikan Pekan Depan)

Jalan tol Trans Sumatera sendiri bakal dibangun dari Bakaheuni yang berada di Provinsi Lampung hingga Provinsi Aceh. Nilai investasi dari proyek sepanjang 2.700 kilometer (km) ini senilai Rp 250 triliun.

Hingga akhir Januari lalu, Hutama Karya sudah membangun jalan tol Trans-Sumatera sepanjang 529 km, dengan ruas yang telah beroperasi penuh sepanjang 47 km.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menargetkan pembangunan tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Aceh akan rampung pada 2024. Target itu sejalan dengan penyelesaian ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Bakauheni-Palembang.

"Saya baru hitung-hitungan dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mungkin 2024 (selesai)," kata Jokowi ketika meninjau ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, sebagaimana dikutip dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, beberapa waktu lalu.

(Baca: Masih Minim Fasilitas, Ruas Tol Trans Sumatera Ditutup pada Malam Hari)

Reporter: Fariha Sulmaihati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan