KPU Jadwalkan Rekapitulasi Suara di Enam Provinsi Hari Ini

Dimas Jarot Bayu
13 Mei 2019, 11:58
rekapitulasi penghitungan suara KPU, pemilu 2019, pilpres 2019
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Pekerja memasukkan data ke Sistem Informasi Penghitungan (Situng) DKI Jakarta di Hotel Merlyn Park, Jakarta, Minggu (21/4/2019). Hasil penghitungan suara Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 yang dimuat dalam Situng milik KPU masih terus bergerak dan ditampilkan dalam portal pemilu2019.kpu.go.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional untuk enam provinsi pada Senin (13/5). Keenam provinsi tersebut, antara lain Sulawesi Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Lampung, dan Jawa Timur.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, ada empat provinsi yang sudah pasti direkapitulasi hari ini, yakni Sulawesi Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur. Sementara, jadwal rekapitulasi untuk Lampung dan Jawa Timur masih tentatif.

Sebab, perwakilan dari kedua provinsi tersebut baru bisa datang jelang sore hari. "Kalau tidak cukup waktu maka kami selesaikan yang empat provinsi dan dua provinsi lainnya akan kami masukkan dalam daftar hari berikutnya," kata Arief di kantornya, Jakarta, Minggu (12/5).

Hingga kemarin, KPU telah melakukan rekapitulasi nasional untuk delapan provinsi, yakni Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Bengkulu, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Dari delapan daerah tersebut, pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di enam wilayah.

(Baca: Jokowi Menang 74% di Luar Negeri, Rekapitulasi Kuala Lumpur Menyusul)

Keenam wilayah tersebut, yakni Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo dan Kalimantan Barat. Pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di dua provinsi, yakni Bengkulu dan Kalimantan Selatan.

Di Bali, Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 2.351.057 suara. Prabowo-Sandiaga hanya mendapatkan 213.415 suara. Jokowi-Ma'ruf memperoleh 495.729 suara di Bangka Belitung. Ada pun, Prabowo-Sandiaga di wilayah tersebut mendapatkan 288.235.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...