Puan Sebut Belum Ada Pembicaraan Soal Ketua DPR di Internal PDIP

Dimas Jarot Bayu
14 Mei 2019, 20:07
PDIP, Puan Maharani, Ketua DPR
Arief Kamaludin | Katadata
Ketua DPP PDIP, Puan Maharani

Ketua DPP (nonaktif) PDIP Puan Maharani mengaku belum ada pembicaraan di internal partainya terkait siapa yang akan menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. Ia menerangkan, saat ini PDIP masih fokus mengawal penghitungan suara di Pemilu 2019.

"Belum ada pembicaraan di internal terkait dengan penugasan-penugasan dan posisi-posisi tertentu di tempat lain," kata Puan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/5).

Menurutnya, kemungkinan dirinya mejadi salah satu kandidat ketua DPR periode menatang bisa saja terjadi. Sebab, peluang PDIP menduduki kursi nomor satu di parlemen sangat besar, mengingat kemungkinan PDIP keluar sebagai pemenang pada Pileg 2019 cukup besar.

Dalam hitung cepat maupun penghitungan riil lewat Situng KPU, perolehan suara PDIP dalam Pileg 2019 merupakan yang tertinggi. Nah, berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), kursi Ketua DPR di periode selanjutnya akan diduduki partai pemenang Pileg 2019.

Meski demikian, Puan belum memikirkan hal tersebut. Puan mengaku masih fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). "Saya belum tahu, belum bicara sampai ke situ. Kita tunggu saja," kata Puan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...