ExxonMobil Tes Produksi Blok Cepu di Atas 220 Ribu Barel Per Hari

Image title
17 Mei 2019, 19:22
Produksi minyak blok cepu
Katadata
Blok Cepu

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tengah berusaha untuk meningkatkan lifting migas. Salah satu caranya yaitu dengan menggenjot produksi Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu yang dikelola ExxonMobil.

Vice President Public and Government Affair ExxonMobil Erwin Maryoto mengatakan SKK Migas sudah meminta perusahaan untuk melakukan high rate test.  Test ini untuk memastikan kesiapan fasilitas dalam meningkatkan produksi tanpa penambahan investasi.

"Dari tes kami akan tahu apakah bisa diproduksi di atas 220 ribu barel per hari (bopd) secara aman dan secara teknis bisa dilakukan dengan baik," kata dia kapada katadata.co.id, Jumat (17/5). SKK Migas ingin meningkatkan produksi di Lapangan Banyu Urip hingga 225 ribu bopd.

(Baca: ExxonMobil dan BP Berau Penyumbang Lifting Migas Terbesar Kuartal I)

Bila hasil tes dan evaluasi mendukung peningkatan produksi, maka ExxonMobil akan mengajukan revisi Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Setelah itu, perusahaan baru bisa meningkatkan produksi.

Erwin mengatakan jika produksi terus ditingkatkan, maka cadangan migas di Lapangan Banyu Urip memang akan berkurang. Namun, pihaknya telah melakukan eksplorasi dan mendapatkan cadangan pengganti (recoverable reserve) hingga 823 juta barel. Ini lebih tinggi dari rencana pengembangan (PoD) yang sebesar 450 juta barel.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...