Google Catat Pencarian Terkait Kecantikan Naik 20% Selama Ramadan

Cindy Mutia Annur
17 Mei 2019, 10:30
mudik lebaran 2019, lebaran, puasa, ramadan, penelurusan paling banyak di google sepanjang ramadan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Google Insight mencatat, selama Ramadan terjadi peningkatan data penelusuran mengenai kecantikan sebesar 20 %.

Google Insight mencatat, selama Ramadan konsumen biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di internet dibandingkan bulan-bulan biasa. Salah satu pencarian yang meningkat adalah mengenai kecantikan, yakni sebesar 20 %.

Insights Specialist Google Indonesia Ariani Dwijayanti mengatakan, volume penelusuran tahun lalu seputar makanan dan minuman, pakaian, perjalanan, dan kecantikan naik hingga 40% dibandingkan di luar Ramadan. “Mode dan kecantikan, termasuk dalam kategori utama. Hal ini menunjukkan masyarakat Indonesia ingin tampil maksimal selama Ramadan,” ujar Ariani seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (15/6).

Ia menjelaskan, data penelusuran untuk gaya rambut naik hingga tiga kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Selain itu, data di Google Trends juga menunjukkan masyarakat Indonesia menginginkan produk-produk kecantikan yang halal, termasuk kuteks, kosmetik, dan lip tint halal.

(Baca: Google Maps Sediakan Informasi Baru untuk Permudah Para Pemudik)

Menurut dia, waktu menonton untuk 100 channel teratas di YouTube juga naik 40% selama Ramadan tahun lalu. Beberapa jenis video yang ditonton biasanya bertema keagamaan, tutorial memasak, dan kecantikan (tutorial hijab, make-up yang tahan lama, dan tips-tips make-up untuk pemula).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...