Google Catat Pencarian Terkait Kecantikan Naik 20% Selama Ramadan
Google Insight mencatat, selama Ramadan konsumen biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di internet dibandingkan bulan-bulan biasa. Salah satu pencarian yang meningkat adalah mengenai kecantikan, yakni sebesar 20 %.
Insights Specialist Google Indonesia Ariani Dwijayanti mengatakan, volume penelusuran tahun lalu seputar makanan dan minuman, pakaian, perjalanan, dan kecantikan naik hingga 40% dibandingkan di luar Ramadan. “Mode dan kecantikan, termasuk dalam kategori utama. Hal ini menunjukkan masyarakat Indonesia ingin tampil maksimal selama Ramadan,” ujar Ariani seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (15/6).
Ia menjelaskan, data penelusuran untuk gaya rambut naik hingga tiga kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Selain itu, data di Google Trends juga menunjukkan masyarakat Indonesia menginginkan produk-produk kecantikan yang halal, termasuk kuteks, kosmetik, dan lip tint halal.
(Baca: Google Maps Sediakan Informasi Baru untuk Permudah Para Pemudik)
Menurut dia, waktu menonton untuk 100 channel teratas di YouTube juga naik 40% selama Ramadan tahun lalu. Beberapa jenis video yang ditonton biasanya bertema keagamaan, tutorial memasak, dan kecantikan (tutorial hijab, make-up yang tahan lama, dan tips-tips make-up untuk pemula).