Hari Ini, Cukai Rokok Berlaku Lagi di Batam dan Zona Perdagangan Bebas

Penulis: Rizky Alika

Editor: Sorta Tobing

17/5/2019, 07.21 WIB

Tak hanya rokok, Ditjen Bea Cukai juga mengenakan kembali cukai minuman alkohol dan etil alkohol di Batam, Bintan, Sabang, dan Karimun

pengenaan kembali cukai rokok di Batam, cukai kembali diterapkan di kawasan perdagangan bebas, bea dan cukai
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan, mulai Jumat (17/5) pengenaan cukai akan kembali diterapkan di kawasan perdagangan bebas (free trade zone/FTZ), yaitu Batam, Bintan, Sabang, dan Karimun.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan pengenaan cukai akan kembali diterapkan di kawasan perdagangan bebas (free trade zone/FTZ), yaitu Batam, Bintan, Sabang, dan Karimun. Pembebanan cukai akan mulai diberlakukan pada hari ini, Jumat (17/5).

Ini artinya, barang seperti rokok, minuman mengandung alkohol, dan etil alkohol akan dikenakan cukai. “Dasarnya rekomendasi dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dan review dari pemerintah,” kata dia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (17/4).

Menurut dia, prinsip pengenaan cukai adalah untuk mengendalikan konsumsi barang kena cukai. Selain itu, pengenaan cukai bertujuan mengawasi peredaran barang kena cukai.

Namun berdasarkan informasi dari KPK, kuota barang kena cukai di kawasan perdagangan bebas sudah berlebihan. “Over quota. Dampaknya barang itu mengalir keluar FTZ,” ujarnya. Karena itu, Heru menilai pembebasan cukai di kawasan perdagangan bebas tidak tepat. 

Sebagai informasi, KPK dalam penelitiannya pada November 2017 hingga April 2018, peredaran rokok di Batam mencapai 2,5 miliar batang. Jumlah tersebut melebihi kebutuhan masyarakat. Kelebihan pasokan ini mencerminkan peluang penyelundupan rokok ke daerah lain.

Dengan keputusan itu, Bea Cukai tak lagi melayani penguruan dokumen Cukai Free Trade Zone (CK-FTZ) tepat hari ini mulai pukul 00.00 WIB. 

(Baca: Kebijakan Diklaim Efektif, Bea Cukai Tumbuh 16,39% Per Juli)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan