Target Pemerintah: Valuasi US$ 100 Miliar dari 1.000 Technopreneur

Michael Reily
17 Mei 2019, 17:49
E-commerce startup
Donang Wahyu|KATADATA

Kementerian Perindustrian terus mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam memasuki era revolusi industri 4.0. Targetnya adalah mencetak 1.000 technopreneur, dengan valuasi bisnis mencapai US$ 100 miliar atau sekitar Rp 1.440 triliun dan total nilai e-commerce sebesar US$ 130 miliar atau setara Rp 1.880 triliun.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, Indonesia bakal memiliki 130 juta jiwa usia produktif tahun 2030. “Pemerintah fokus memacu agar anak-anak muda yang termasuk generasi milenial di Tanah Air paham terhadap dunia digital,” kata Airlangga dalam siaran pers, Jumat (17/5).

Menurut Airlangga, ada tiga pengetahuan yang harus dikuasai, yaitu bahasa Inggris, coding, dan statistik. Pengetahuan terhadap big data juga jadi bagian yang tak boleh terlupakan.

(Baca: Milenial, Motor Penggerak Transaksi Digital)

Pemerintah juga mendorong pembangunan coworking space untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak muda agar lebih kreatif dan inovatif. Anak muda di seluruh Indonesia bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkontribusi dan ikut berperan aktif dalam era industri digital.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...