Hasil Rekapitulasi KPU, Prabowo Menang 57% Suara di Sulawesi Selatan

Ameidyo Daud Nasution
19 Mei 2019, 17:05
Ketua KPU Arief Budiman dan para komisioner berbincang dengan anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin di sela Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Tingkat Nasional Dalam Negeri dan Penetapan Hasil Pemilu 2019 di kantor KPU, Jakarta,
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ketua KPU Arief Budiman dan para komisioner berbincang dengan anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin di sela Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Tingkat Nasional Dalam Negeri dan Penetapan Hasil Pemilu 2019 di kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat siang ini melanjutkan kembali rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional. Kali ini yang dihitung dan disahkan adalah hasil Pemilihan Umum 2019 yang berlangsung di Provinsi Sulawesi Selatan.

Hadir dalam rekapitulasi tersebut pimpinan KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pusat, KPU Daerah dan Bawaslu Sulsel, Tim Kampanye Nasional (TKN) 01, Badan Pemenangan Nasiona (BPN) 02, hingga saksi dari partai politik.

Dari hasil penghitungan, pasangan nomor urut 01 yaitu Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin kalah hampir 700 ribu suara dari lawannya yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pasangan 01 hanya mendapat 2.117.591 suara sedangkan 02 mendapat 2.809.393 suara.

Dengan perolehan suara tersebut berarti Jokowi hanya menguasai 42,9% suara di Sulsel, sedangkan Prabowo mendapat 57%.  "Demikian hasil yang kami sampaikan," kata Ketua KPUD Sulsel Misna M. Attas di KPU, Jakarta, Minggu (19/5).

(Baca: Hitungan Final KPU, Jokowi Menang Telak 77,3% Suara di Jawa Tengah)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...